Lepas Kloter Terakhir Jemaah Indonesia, Sekjen Kemenag Sebut Pelaksanaan Haji Tahun ini Lebih Baik

gomuslim.co.id- Musim haji tahun 1438H/2017M telah berakhir. Seluruh jemaah haji asal Indonesia pun telah kembali ke Tanah Air. Hal ini ditandai dengan pelepasan 451 jemaah kloter 10 Embarkasi Lombok (LOP 10) di Madinah. Pelaksanaan ibadah haji tahun ini dinilai lebih baik dibandingkan tahun kemarin.

Sekjen Kemenag Nur Syam, menjelaskan terdapat beberapa indikator dalam penyelenggaraan haji yang semakin baik. Menurutnya, akomodasi tahun ini jauh lebih baik. Hotel yang disiapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi setara bintang tiga. Tahun ini, PPIH menyewa 155 hotel di Makkah dan sekitar 133 hotel di Madinah.

“Berdasarkan laporan dari panitia, alhamdulillah pelaksanaan haji tahun ini makin baik. Pelaksanaan Armina dengan tenda yang baru, serta water cooler yang berjalan baik juga menjadikan tingkat kenyamanan jemaah tahun ini lebih memadai,” ujar Nur Syam. 

Lebih lanjut, Nur Syam menyebut layanan katering untuk jemaah juga berjalan baik. Nur Syam mengakui ada sedikit masalah terkait makanan jemaah, namun secara umum kualitas layanan katering makin baik. 

Selama operasional haji di Madinah misalnya, PPIH setidaknya telah mendistribusikan 1.804.562 boks katering kepada 251 kloter jemaah gelombang satu pada fase pra Armina. Sedangkan untuk fase pasca Armina, total makanan yang didistribusikan mencapai 1.825.252 boks.

Selanjutnya, indikator lainnya adalah peningkatan kualitas layanan transportasi. Tahun ini, seluruh layanan bus sudah ditingkatkan kualitasnya (upgrade). “Hal ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik dengan komisi VIII DPR RI. Kami merasa bersyukur bahwa seluruh komponen yang terkait peningkatan haji bekerja optimal,” jelasnya.

Meski demikian, Nur Syam mengaku evaluasi menyeluruh akan dilakukan di Jakarta. PPIH Arab Saudi saat ini tengah menyempurnakan  pemetaan masalah haji tahun ini agar bisa diketahui sumber persoalannya. Dengan begtu, diharapkan akan dapat diformulasikan solusi dan inovasi baru yang lebih baik.

Hal senada juga disampaikan Konjen RI M Hery Saripuddin. Menurutnya, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sukses meski ada penambahan kuota. “Tahun ini tidak ada hal-hal yang menghambat selama pelaksanaan. Semuanya lancar,” ujarnya.

Terkait hal ini, mewakili Pemerintah, Konjen RI mengucapkan apresiasi kepada Pemerintah Arab Saudi yang telah bekerja keras dalam menyambut kedatangan para jemaah dari berbagai dunia.

Pada kesempatan tersebut, Nur Syam berpesan kepada para jemaah agar sekembalinya ke Tanah Air bisa menjadi obor dan penyuluh pada masyarakat sekitar. Jemaah haji diharapkan menjadi sosok perindu kebaikan dan kebenaran.

Ketua Kloter Ahmad Sadiyah sebelumnya melaporkan bahwa LOP 10 terdiri dari 446 jemaah dan 5 petugas, dengan komposisi: 224 pria dan 222 wanita. Kondisi kesehatan jemaah terdiri dari 291 jemaah risti, 95 gelang merah, 179 gelang kuning, dan hanya 17 orang gelang hijau.

“Wafat 1 orang saat di Makkah, sedang 9 orang menggunakan kursi roda. Bersama kami,  Baiq Mariah dengan umur 104 tahun yang merupakan jemaah Indonesia tertua tahun ini,” ungkapnya. (njs/kemenag/foto:tribun)

 


Back to Top