Jambore Pesantren Expo Jadi Acara Puncak Perayaan Hari Santri Nasional 2017

gomuslim.co.id- Asosiasi Pondok Pesantren se-Indonesia, Rabithah Ma''ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Jambore Pesantren Expo 2017 di Bandung pada 23 sampai 29 Oktober 2017. Jambore tersebut sebagai puncak acara peringatan Hari Santri Nasional 2017 yang mengusung tema Santri Mandiri, NKRI Hebat. Acara pembukaan ditempatkan di Halaman Masjid Raya Bandung pada Senin, 23 Oktober 2017.

“Sebelum acara dibuka oleh Wakil Presiden RI Bapak Jusuf Kalla, ada pawai santri sore harinya lalu dilanjut agenda “Bandung Raya Bersholawat” di Halaman Masjid Raya Bandung juga,” tutur Ketua Panitia Hari Santri Nasional 2017, Ahmad Atho’illah (Gus Aik).

Agenda lain yang akan digelar panitia adalah Job Fair Pesantren Expo, Pelatihan Balai Latihan Kerja untuk Pesantren, Pagelaran Seni Budaya Nusantara, Lomba Mewarnai Tingkat anak Bersama Kak Tony. Selain itu, kata Gus Aik, pegelaran seni akan mendatangkan bintang tamu antara lain: Wali Band, Karinding Attack, Saung Udjo dan Lesbumi NU.

Ahmad Athoillah juga mengatakan  ribuan peserta akan hadir dari dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengikuti Jambore Pesantren Expo 2017. Peserta jambore mungkin bisa sampai 7.000 orang dari kalangan santri dan masyarakat umum. Komunitas-komunitas lokal juga akan ikut memeriahkan acara puncak peringatan Hari Santri Nasional tersebut.

"Keikutsertaan komunitas-komunitas dan masyarakat umum untuk menujukan hari santri milik bersama," kata Ahmad.

Dia menjelaskan ada banyak pesantren yang akan tampil di Jambore Pesantren Expo 2017. Di antaranya, pesantren Teknik Informatika (IT), pesantren entrepreneur dan pesantren rehabilitasi. Bahkan ada pesantren yang menampung orang gila atau stres, nanti akan tampil juga di Jambore Pesantren Expo 2017.

Selain itu, ada banyak pesantren yang akan ditampilkan pada puncak peringatan hari santri tersebut. Acara lain adalah pagelaran seni budaya dan workshop di Jambore Pesantren Expo 2017. Tujuannya untuk menunjukan kepada publik bahwa santri tidak hanya sekedar duduk di pesantren belajar agama saja. Santri juga bisa belajar hal-hal lain seperti IT dan entrepreneur.

"Ada juga beberapa santri yang menggunakan media sosial untuk berbisnis dan berdakwah. Menujukan kepada masyarakat umum bahwa pesantren tidak hanya sekedar belajar pendidikan," ujarnya.

Silakan download rangkaian jadual acara Jambore Pesantren di link ini: http://bit.ly/2wxqK45 dan laman resmi hari santri 2017 di www.harisantri.com. (fau/harisantri/dbs/foto: nuonline)

 Baca juga :

Ini Daftar Agenda Semarak Hari Santri Nasional 2017 'Santri Mandiri, NKRI Hebat'

 


Back to Top