Selama Tiga Hari, OJK Gelar iB Vaganza Syariah di Depok

gomuslim.co.id- Upaya pengenalan keuangan syariah kepada masyarakat terus dilakukan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar iB Vaganza Syariah di Margo City Depok. Kegiatan yang bertujuan mendorong pengembangan taransaksi keuangan syariah nasional ini bakal berlangsung selama tiga hari yaitu mulai Jumat (6/10/2017) sampai Ahad (8/10/2017).

Expo Perbankan Syariah Nasional ini diikuti 14 perbankan syariah yang meliputi BNI Syariah, Mandiri Syariah, Bank Bukopin Syariah, BRI Syariah, BCA Syariah CIMB Niaga Syariah, BTN Syariah dan Masih banyak lagi. Semuanya mempromosikan beragam produk perbankan syariah teranyar.

Panitia penyelengara IB Vaganza sekaligus SEVP Resiko dan Komunikasi BNI Syariah, Tribuana Tunggadewi mengatakan event ini juga akan menampilkan beberapa diskusi yang terkait dengan tabungan syariah dan produk e-banking. “Tidak hanya ada stand dari bank syariah, tapi juga ada talk show mengenai perbankan syariah, games berhadiah menarik, hingga doorprize sepeda motor,” ujarnya, Jumat (6/10/2017).

Ia berharap IB Vaganza Syariah bisa menarik sebanyak-banyaknya minat masyarakat untuk menabung dan bertransaksi melalui perbankan syariah. Transaksi melalui keuangan syariah, kata dia, dipercaya lebih aman dan menjanjikan terutama bagi masyarakat yang beragam mayoritas Muslim di Indonesia, khususnya kota Depok.

“IB Vaganza ini diinisiasi oleh OJK bersama dengan pelaku usaha keuangan Syariah melalui pameran expo IB Vaganza sekaligus sosialisai Perbankan Syariah, promise produk Syariah, mengembalikan ekonomi syariah dan mendukung taransaksi keuangan syariah,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Penelitian, Pengembangan, Pengaturan, dan Perizinan Perbankan Syarian OJK Deden Firman Hendarsyah menargetkan target pembukaan account selama acara tersebut berlangsung. "Kami berharap event ini bisa mencapai taget nasabah yang bisa membuka account sebanyak lima ribu nasabah. Sementara untuk pengunjung targetnya 12 ribu orang," kata Deden.

Menurutnya, target tersebut tidak muluk untuk didapatkan pada iB Vaganza di Depok kali ini. Ia pun meyakini akan sama seperti di Tangerang, karena Depok merupakan wilayah yang memungkinkan mencapai target tersebut.

Ia juga yakin marsyarakat di Depok bisa lebih mengenal produk dari perbankan syariah daripada konvensional. "Depok sangat berpotensi besar. Kami mencatat share perbankan sayariah di Depok itu mencapai 10,14 persen. Itu tentunya di atas share perbankan syariah nasional yang sekarang mencapai 5,4 persen," katanya.

Pengenalan produk perbankan syariah di Depok, kata dia, akan juga sukses melihat pertumbuhan ekonomi kota tersebut yang mencapai tujuh persen. Deden ingin, selama sosialisasi berlangsung dalam acara tersebut, masyarakat di Depok juga bisa langsung mencoba produknya.

Deden optimis iB Vaganza yang kali ini dilakukan di Depok bisa semakin menambah nasabah perbankan syariah untuk skala nasional. "Sampai Juli tahun ini tercatat sudah ada 22 juta nasabah perbankan syariah di seluruh Indonesia, mungkin sampai Agustus bisa sampai 23 juta nasabah," tutupnya. (njs) 


Back to Top