Operasional Haji 2017 Resmi Berakhir, 64 Kloter Embarkasi Jakarta Pondok Gede Sudah Tiba di Tanah Air

gomuslim.co.id- Operasional haji tahun 1438H/2017M telah berakhir. Sebanyak 64 kloter yang berangkat dari Embarkasi atau Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) sudah kembali semua ke Tanah Air.

Sebagaimana tahun sebelumnya, Embarkasi/Debarkasi Jakarta-Pondok melayani jemaah dari tiga provinsi. Sebanyak 22 kloter jemaah asal DKI Jakarta, 24 kloter asal Banten, dan 18 Kloter asal Lampung.

“PPIH Debarkasi Jakarta pondok gede telah memberangkatkan 64 Kloter dengan total 24.836 jemaah haji. Yang wafat di Arab Saudi ada 59 jemaah, terdiri dari 10 jemaah DKI Jakarta, 23 jemaah asal Banten, dan 26 jemaah asal Lampung, ” ujar Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Tahun 2017.

Kloter 63 (JKG 63) menjadi rombongan terakhir yang mendarat di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (05/10) pukul 22:48 WIB. JKG 63 membawa 179 jemaah pria dan 203 jemaah wanita.

Kedatangan Kloter terakhir ini disambut Sadirin di Aula Serbaguna 2 Asrama Pondok Gede. “Selamat datang kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi, Indonesia. Mudah - mudahan bisa menjaga ke mabruran Haji serta dapat meningkatkan Ibadah seperti selama di Tanah Suci,” harapnya.

Kepada jemaah, Sadirin berpesan agar  tetap menjaga ketekunan dalam beribadah di Tanah Suci. Selaku Plt Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Sadirin mengucapkan terima kasih kepada jamaah dan seluruh Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2017.

“Terima kasih kepada para jemaah yang sudah mengikuti arahan panitia dalam pemberangkatan dan pemulangan. Terima kasih disampaikan juga kepada  seluruh Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 2017, pihak Kepolisian, Imigrasi Beacukai, Pihak Angkasa Pura yang telah bekerja sama dengan baik sehingga kegiatan Haji 2017, khususnya Debarkasi Pondok Gede, dapat berjalan dengan baik,” pungkas Sadiri. (fau/kemenag/dbs/foto: mediaindonesia)


Back to Top