Perkuat Ekonomi Syariah Nasional, BI Rumuskan Tiga Pilar Utama

gomuslim.co.id- Bank Indonesia (BI) baru-baru ini telah merumuskan tiga pilar yang menjadi strategi utama pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam menghadapi beragam tantangan ekonomi syariah yang semakin maju dan terus berkembang.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman menjelaskan, ketiga pilar tersebut yaitu pemberdayaan ekonomi syariah, pendalaman pasar keuangan syariah, dan penguatan riset, penilaian dan edukasi termasuk sosialisasi dan komunikasi. Menurutnya, ketiga hal tersebut saling terintegrasi dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

"Ketiga pilar strategi utama tadi secara terintegrasi akan didukung oleh kebijakan ekonomi dan keuangan syariah internasional maupun daerah, ketersediaan dan kesiapan sumber daya insani, pengembangan data dan informasi termasuk pengembangan FinTech syariah serta koordinasi dan kerjasama untuk memastikan implementasi yang berkelanjutan," paparnya.

Menurut Agusman, Festival Syariah yang diselenggarakan dan diisi dengan berbagai program edukasi dan sosialisasi merupakan wujud nyata Bank Indonesia beserta para pemangku kepentingan terkait dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

“Melalui langkah tersebut, perannya dalam mendorong ekonomi dan mendukung pertumbuhan dan ketahanan perekonomian daerah dan nasional diharapkan semakin meningkat,” katanya.

Industri keuangan syariah mengalami guncangan hebat dalam dua-tiga tahun terakhir ini yang ditandai dengan naiknya pembiayaan bermasalah (NPF). Pangsa pasar industri syariah juga tidak banyak berkembang, hanya stagnan pada level 5 persen.

Pada tahun ini catatan kinerja perbankan syariah pun mulai membaik. Adaptasi terhadap digitalisasi industri juga diikuti dengan seksama oleh industri syariah termasuk soal teknologi finansial.

Sebelumnya, BI baru saja menggelar Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) 2017, di Medan pada 6 sampai 8 Oktober 2017. Kegiatan yang mengambil tema Membangun Ekonomi Syariah Berlandaskan Konektivitas Regional ini merupakan bagian dari rangkaian acara menuju Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2017 yang akan diselenggarakan di Surabaya.

Penyelenggaraan Fesyar sendiri merupakan salah satu sarana untuk menampilkan, mempromosikan produk maupun kegiatan terkait ekonomi syariah secara terstuktur di seluruh wilayah Indonesia.

Ekonomi dan keuangan syariah mempunyai konsep inklusif dan berdimensi universal melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam memperkuat ekonomi daerah serta nasional yang berkualitas dan berdaya tahan. (njs/dbs/foto:smeaker)


Back to Top