Serambi Mekkah Jadi Tuan Rumah Gelaran Pentas PAI Kemenag 2017

gomuslim.co.id-  Kementerian Agama akan menggelar Pentas  Keterampilan dan Seni Pendidikan  Agama Islam (PAI) Tingkat Nasional ke VIII  Tahun 2017 di Provinsi Aceh pada 9 sampai  14 Oktober 2017. Gelaran dua tahunan ini merupakan kali pertama dilaksanakan di luar Jawa.

Direktur Pendidikan Agama Islam (PAI) Imam Syafei menyampaikan bahwa dipilihnya Provinsi berjuluk Serambi Mekkah ini untuk  menunjukan bahwa Indonesia itu luas, tidak hanya Jakarta.

“Walaupun diselenggarakan di Aceh, antusias peserta dari provinsi Indonesia bagian timur sangat besar. Misalnya Papua, jaraknnya ke Aceh hampir dua kali lipat dari Papua ke Jakarta, tetapi itu tidak menjadi kendala. Ini membuktikan bahwa mereka cinta NKRI,” tutur Imam Syafei.

Kata Imam, Pentas PAI tahun 2017 akan diikuti tidak kurang dari 1.200 peserta dari siswa SD, SMP, SMA dan SMK seluruh Indonesia, ditambah dengan pendamping masing-masing provinsi dan tamu undangan.

Adapun, pentas PAI ke-VIII tahun 2017 akan menggelar sejumlah lomba, di antaranya Musabaqoh Tilawatil Qur`an (MTQ), Lomba Pidato PAI, Musabaqoh Hifzhul Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Kaligrafi Islam, Lomba Nasyid, Lomba Debat PAI dan Lomba Kreasi Busana.

Sebelumnya, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin menilai Pentas PAI menjadi salah satu momentum untuk melihat, mengevaluasi sekaligus menguji sejauhmana pengajaran agama Islam di sekolah itu bekerja efektif.

“Karena itu kita menganggap momentum ini sangat stratregis, sangat penting dalam rangka melihat keragaman yang ada,” ungkap Kamaruddin.

Kata Kamaruddin, dengan beragama kita bisa menghargai keberagamaan (diversity), dan Indonesia adalah negara yang paling beragam di dunia. Menurutnya, dengan pemahaman keagamaan yang tepat, baik, luas, toleran dan moderat, maka tentu kita bisa memantapkan keragaman itu.

Selain itu,  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin direncanakan akan membuka resmi gelaran tersebut, Senin (09/10/2017)  malam.

"Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan hadir dan membuka Pentas PAI 2017," ujar Direktur Pendidikan Agama Islam Imam Safei.

Kata Imam Safei, pembukaan Pentas PAI tahun 2017 akan digelar di Lapangan Taman Shulthanah Shafiatuddin, diikuti 1.200 peserta dari siswa SD, SMP, SMA dan SMK seluruh Indonesia dan official tim masing-masing provinsi.

Menurutnya, pembukaan akan dimeriahkan oleh sejumlah penampilan termasuk  tarian tradisional dari siswa siswi Aceh. "Tarian Peumulia Jamee akan menjadi tari pembuka pada pembukaan Pentas PAI tingkat nasional ke-VIII," ujarnya. (fau/kemenag/dbs/foto: kemenagaceh)

 

 


Back to Top