Kepolisian Dubai Kembangkan Aplikasi Radar untuk Tangkap Pelanggar Lalu Lintas

gomuslim.co.id-  Sebuah radar live-streaming akan diluncurkan oleh Kepolisian Dubai, Uni Emirat Arab yang berfungsi untuk menangkap gambar pengemudi yang mengemudi secara ilegal di bahu jalan dan para pelanggar lalu lintas lainnya di kota tersebut.

Kapten di Kepolisian Dubai, Ali Alramsi mengatakan radar ini akan ditempatkan terutama di jalan raya dan akan mengalirkan jalan secara real-time. Petugas polisi akan dapat memantau situasi di jalan raya tersebut secara streaming di ponsel atau tablet pintar.

"Radar ini menangkap pengemudi yang mengemudi di bahu jalan  lebih cepat yang dilengkap dengan kamera live streaming dan pesan suara untuk peringatan. Hal ini bisa dikontrol melalui aplikasi mobile atau aplikasi tablet cerdas. Pantauan radar bisa untuk di jalan dan di atas rel, “ jelas Ali, seperti dilansir dari publikasi Khaleej Times, Senin, (09/10/2017).

Selain itu, tambah Ali, radar ini juga memiliki lebih dari satu fungsi, yaitu tidak hanya dengan kecepatan tinggi, radar ini juga memiliki fitur interaksi suara yang memungkinkan polisi yang bertugas di kantor bisa langsung menegur para supir jika mengemudi ugal-ugalan, bahkan bisa berinteraksi dengan jaywalker saat itu juga.

Selanjutnya, pihak kepolisian Dubai saat ini juga terus melakukan studi untuk menentukan wilayah spesifik Dubai yang harus dipasang radar dan yang paling efektif di jalan raya.

Dia mengatakan bahwa radar baru ini akan membantu mengurangi jumlah driver yang ugal-ugalan di jalan raya, karena bisa memanggil pengemudi dengan fitur interaksi suaranya dan juga bisa menangkap gambar.

"Radar juga akan menciptakan keamanan lebih bagi petugas polisi karena polisi terkadang tidak dapat menghentikan orang-orang tertentu yang sedang mengendara dengan tidak baik, namun dengan radar ini, dapat memanggil  dan menegur para pengguna jalan raya yang melanggar lalu lintas, “ katanya.

Adapun, radar baru ini merupakan inovasi cerdas di antara banyak lainnya yang telah diterapkan oleh Kepolisian Dubai di jalanaan Kota  Dubai.  Aplikasi radar ini akan resmi diluncurkan pada November 2017 mendatang. (fau/khaleej/dbs)

 


Back to Top