Pemerintah Maroko Segera Luncurkan Kereta Tercepat di Afrika

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Insinyur di Maroko sedang mempersiapkan untuk menguji kereta api berkecepatan tinggi pertama di dunia Arab dengan kereta mencapai 320 km per jam.

Publikasi resmi Kantor kereta api Negara Maroko, ONCF menyebutkan satu kereta api mencapai 275 km per jam akan mengikuti rute baru di sepanjang jalur antara kota-kota utara Kenitra dan Tangier.

"Ini sudah menjadi kereta tercepat di benua Afrika," kata Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian, yang berada di Maroko untuk menandatangani kesepakatan pinjaman antara ONCF dan French Development Agency, seperti dilansir dari publikasi MuslimVillage, Kamis, (12/10/2017).

Dia mengatakan bahwa perkeretaapian itu adalah "lambang hubungan bilateral Franco-Maroko". Hubungan 350-km antara Casablanca dan Tangier melalui ibukota Rabat akan memangkas waktu perjalanan antara pusat ekonomi negara Afrika Utara hampir dua pertiga, hingga lebih dari dua jam.

TGV dari Maroko, yang mendapat namanya dari singkatan bahasa Prancis untuk kereta berkecepatan tinggi, diatur untuk memasuki layanan pada musim panas 2018. Proyek ini 50 persen dibiayai oleh Perancis dengan pinjaman sekitar USD 2,4 miliar. Hal ini sudah diatur sekitar 15 persen dari anggaran.

Tapi, Kepala ONCF, Rabii Lakhlii mengatakan bahwa proyek tersebut memiliki biaya kurang dari 9 juta euro (USD  10,6 juta) per kilometer, dibandingkan dengan standar Eropa 20 juta euro per kilometer.

Rute yang dibuat lebih kompleks dengan medan perbukitan dan rentan angin kencang. Kondisi ini memerlukan pembangunan beberapa jembatan termasuk satu rute sepanjang 3,5 km.

Pihak ONCF mengharapkan jalur tersebut untuk menarik enam juta pelancong dalam tiga tahun pertamanya. Lakhlii juga mengatakan tiket akan menelan biaya sekitar 30 persen lebih banyak daripada jalur rel saat ini. (fau/muslimvillage/dbs)

 


Back to Top