Desainer Ini Usung Busana Muslim ‘Puti Jalito’ dengan Sentuhan Bordir Bunga di IMFW 2017

gomuslim.co.id- Keragaman modest fashion dari para desainer Tanah Air tertuang dalam perhelatan Indonesia Modest Fashion Week  (IMFW) 2017 yang digelar pada 12 sampai 15 Oktober 2015 di Jakarta Convention Centre, Jakarta.

Para desainer yang terlibat turut menampilkan karya terbaik mereka dengan mengusung kekayaan etnik Nusantara dalam nuansa modest fashion. Salah satunya adalah koleksi dari rumah mode ‘Bilqis’ karya Tuty Adib.

Desainer langganan Ibu Negara RI Iriana Widodo ini mengusung tema ‘Puti Jalito’ dalam koleksi terbarunya di IMFW 2017. Ia mengatakan nama ‘Puti Jalito’ dalam bahasa Minang diartikan sebagai ‘Putri yang Jelita’. Terinspirasi dari keramahtamahan dan kelembutan sosok-sosok Muslimah di Minang, Sumater Barat.

“Pada koleksi saya kali ini, Bilqis masih tetap mengusung gaya feminim elegan. Dipertajam dengan warna pastel, dan warna-warna kuat yang mencerminkan perempuan memiliki sikap kekokohan dalam berprinsip,” ujar Tuty saat ditemui gomuslim usai menggelar runaway beberapa koleksinya di IMFW 2017, JCC, Sabtu (14/10/2017).

Busana Tuty kali ini lebih mengusung pakaian untuk acara formal, yang memperhatikan detail dengan sentuhan tempelan  bordir. Jika biasanya ia menggunakan detail manik-manik, kali ini desainer yang mengenakan paduan warna merah maroon ini lebih memainkan detail bordir.

“Motif yang diangkat pada koleksi saya kali ini adalah aneka bunga-bunga, memang ngak spesifik jenis bunga apa. Tapi saya terinspirasi dengan bunga-bunga yang ada di Tanah Minang,” kata dia.

Adapun bahan yang digunakan Tuty dalam koleksinya meliputi taffeta, organdi, chiffon dan duchess. Sedangkan warna yang mendominasi adalah merah, bata, cream, dan dusty colour.

“Koleksi busana formal ini didominasi dengan outer dan kardigan. Keduanya juga bisa dikolaborasikan dengan rok. Supaya nuansa feminim elegannya masih tetep ada,” pungkas Tuty.

Menyinggung dengan keterlibatannya menjadi desainer baju pernikahan Kahiyang putri Ibu Negara, Tuty masih enggan menjawab soal detail dan warnanya. Ia masih merahasiakan desain pakaian yang akan digunakan Kahiyang saat akad, midodaremi hingga resepsi.

“Tunggu tanggal mainnya ya, tapi yang jelas akan kental bernuansa Jawa,” ujar Tuty. (nat)

 


Back to Top