Gelar Pelatihan Duta Guru Tahfidz se-Nusantara, Askar Kauny Siap Cetak Ribuan Penghafal Alquran

gomuslim.co.id- 130 Guru Tahfidz dari berbagai daerah mengikuti “Pelatihan Duta Guru Tahfidz se-Nusantara” yang digelar Yayasan Askar Kauny. Para guru yang datang dari 20 provinsi di Indonesia ini dilatih metode Menghafal Alquran Semudah Tersenyum (MASTER) secara intensif mulai Senin (06/11) sampai dengan Rabu (08/11) mendatang di Cakrawala Nuansa Nirwana, Bogor.

Ketua Panitia Pelatihan, Ustadz Hilal Ahmad mengatakan pelatihan ini bertujuan mencetak kader-kader guru tahfidz. Nantinya, para peserta pelatihan disiapkan untuk menjadi Duta Guru Tahfidz yang akan mencetak ribuan penghafal Alquran di seluruh pelosok Nusantara.

“Selama tiga hari dua malam, mereka akan dibekali metode MASTER dari Askar Kauny. Harapannya, setelah kembali ke daerah masing-masing, mereka melakukan training lanjutan kepada kader-kader lainnya baik di sekolah, perkantoran, atau majelis talim,” ujarnya saat ditemui gomuslim, Senin (06/11/2017).

Ia menyebutkan, Askar Kauny sering kali menerima permintaan training dari banyak pihak. Namun, kekurangan guru menjadi salah satu kendalanya. “Untuk itu kita adakan pelatihan ini. Sifatnya Training of Trainer (TOT). Kita cetak guru-guru tahfidz ini supaya nantinya mereka gunakan untuk mereka sendiri, dan bisa mereka ajarkan kepada orang lain,” jelasnya.

Demi meningkatkan kualifikasi diri menjadi Duta Guru Tahfidz, selama training para peserta akan mendalami metode MASTER dengan dilatih langsung oleh dua MASTER Trainer yaitu Ustadz Bobby Herwibowo, Lc. dan Ustadz Habiburrahim, Lc.

“Pelatihan ini adalah amanah besar dari umat, sehingga diharapkan para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Kami berharap training ini menjadi kesempatan emas yang sangat berharga bagi seluruh peserta, sehingga dapat menyerap seluruh ilmu yang diberikan secara maksimal,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ustadz Hilal menyebutkan bahwa peserta pelatihan terpilih ini telah melalui berbagai seleksi, yaitu seleksi berkas, video saat mengajar metode MASTER, dan keaktifan dalam syiar Alquran di daerah masing-masing. “Mereka adalah orang-orang pilihan yang berasal dari Pengurus Daerah Komunitas Hafidz on The Street (HOTS), Pengajar Rumah Tahfidz Kauny, Guru Ngaji Kauny, dan Pengajar Pesantren Askar Kauny,” tutupnya.

Salah satu peserta terpilih dari Kalimantan Timur, Ustadzah Kartini mengaku senang bisa mengikuti pelatihan ini. Ia berharap, ilmu yang nantinya ia dapatkan dapat memberikan manfaat lagi untuk umat. “Semoga ilmu yang nanti kami dapatkan bisa kami tularkan hingga ke daerah pelosok nusantara dalam dakwah Alquran bersama Askar Kauny,” ucapnya.

Sebagai tambahan, metode MASTER sendiri adalah sebuah metode atau teknik cepat menghafal Alquran dengan mengoptimalkan kemampuan otak kanan. Selain itu metode ini juga melalui pendekatan kecerdasan emosional untuk menangkap visualisasi makna, arti, dan kait dari ayat-ayat yang dihafal. Metode ini mudah diikuti, ringan dan menyenangkan serta tidak memerlukan waktu lama untuk menghafal. (njs)


Back to Top