Pameran Buku Internasional Sharjah UEA Hadirkan Manuskrip Alquran Berusia 1350 Tahun

gomuslim.co.id- Sebuah kesempatan langka untuk melihat replika salah satu manuskrip Alquran tertua yang berusia  lebih dari 1.350 tahun di Pameran Buku Internasional Sharjah (SIBF Uni Emirat Arab (UEA).

Dipamerkan pertama kali di Universitas Birmingham Inggris berdiri di pameran tersebut, karya tersebut merupakan salinan asli yang telah berkorelasi karbon dengan 468-645AD. Asal manuskrip setebal empat halaman, yang telah dimiliki Universitas Birmingham sejak tahun 1930an, belum ditentukan dengan benar sampai baru-baru ini ketika seorang profesor melihat bahwa ikatan tersebut muncul secara unik berbeda dari ikatan vellum yang dikenal dari manuskrip lama yang ada.

Penelitian membuktikan bahwa paling tidak Alquran tersebut berusia di atas 1.350 tahun, dengan fakta bahwa itu ditulis pada kulit binatang dan bukan kertas yang memastikan umurnya panjang. Skrip Hijazi di halaman juga terkait dengan periode ini, yang berarti bahwa tulisan tangan sesuai dengan kronologi ini.

Publikasi MuslimVillage menyebutkan dalam fakta menarik lainnya, empat halaman skrip Universitas Birmingham sesuai dengan empat halaman yang hilang dari naskah Quran langka yang diarsipkan di Paris. Di stand Quran, yang berada di Aula 5 acara pameran buku terbesar di UEA tersebut, ada juga layar sentuh interaktif yang memungkinkan pengunjung menjelajahi latar belakang, detil dan fakta mengenai manuskrip tersebut.

Skrip Quran Universitas Birmingham akan dipamerkan sepanjang 11 hari, yang berakhir pada 11 November 2017 mendatang. Pameran buku terbesar ke-3 di dunia ini menggaet partisipasi 1.650 rumah penerbitan dari 60 negara dan lebih dari 1,5 juta judul buku dipajang di acara tersebut.  (fau/muslimvillage/dbs)


Back to Top