Italia Luncurkan Keju Parmigiano Bersertifikat Halal Pertama di Dunia

 

gomuslim.co.id- Keju seringkali menjadi pelengkap makanan untuk menambah kelezatan dan rasa gurih, namun adakalanya bahan yang digunakan masih diragukan kehalalannya.

Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, salah satu jenis keju ternama yakni keju parmigiano kini ada versi halalnya. Produk yang diberi nama Parma 2064 ini kini mengantongi dua sertifikat sekaligus, sertifikat Parmigiano Reggiano dan sertifikat halal.

Pembawa acara The World Cheese Awards, Jo Pickard bersama Presiden Casearia Agrinascente, Roberto Gelfi, perusahaan di balik inovasi 'Parma 2064', pekan lalu meluncurkan produk ini di London. Bertepatan dengan acara The World Cheese Awards than 2017. Parma 2064 harus menunggu waktu dua tahun untuk masuk ke sektor halal, karena proses pematangan dan penuaan keju yang harus melewati masa 24 bulan.

Sementara, uji kualitatif pertama Parma 2064 digelar oleh Konsorsium Perlindungan Parmigiano Reggiano PDO di World Cheese Awards. Konsorsium menyatakan Parma 2064 tak mengandung cacat saat diuji.

Keju Parma 2064 disebut mampu merangkum semua rasa, nutrisi dan nilai tradisional Parmigiano Reggiano PDO. Sertifikasi Halal didapat dari Halal International Authority.

“Casearia Agrinascente SAC Fidenza adalah perusahaan pemikiran inovatif dan maju di Italia. Karenanya mereka ingin menjawab sebuah celah di pasar kaju Parmigiano halal pertama di dunia. Kami senang bisa meluncurkannya,” jelas Gelfi seperti yang dilansir dari publikasi Halal Focus.

Kata Gelfi, mereka harus bekerja keras selama dua tahun untuk mendapatkan sertifikasi halal ini. Salah satunya adalah mencari alternatif rennet yang halal sebagai bahan dasar keju.

Aslinya, rennet adalah sekelompok enzim yang dihasilkan oleh lambung binatang menyusui untuk mencerna susu ibu. Rennet mengandung enzim proteolytic (protease) yang memisahkan susu menjadi bagian padat dan cair, yang menjadi bahan dasar keju.

Semetara itu, dengan sertifikasi halal Parma 2064, kini pihaknya dapat menjawab permintaan konsumen dan pasar keju halal di seluruh dunia. Makanan Italia ada di sepuluh besar masakan dunia. Untuk saat ini memiliki Parma 2064 sebagai pilihan halal sangat melegakan.

"Pasar yang kita masuki sangat luas, muda dan selaras. Mereka sudah terbiasa dengan konsumsi produk susu dan puny permintaan kualitas tinggi. Dalam konteks ini, produk Italia sangat dihargai dan dicari,” kata Gelfi.

Sementara itu, dengan adanya sertifikasi halal menjadi bukti lebih lanjut untuk memperhatikan kualitas. Dia meyakini dengan adanya sertifikasi halal menjadi bukti bahwa keju produksinya memiliki nama di dunia. Dengan begitu, masa depan Parmigiano Reggiano dalam diversifikasi produksi. (nat/halalfocus/dbs/foto:businessinsider)