Resmi Diluncurkan, Bandung Jadi Ikon 'Modest Fashion City' di Indonesia

gomuslim.co.id- Kota Bandung terkenal dengan kota kreatif, begitu juga dengan fashionnya. Banyak desainer yang terlahir dari Bandung dan membuat brand hingga terkenal di mancanegara. Ketersediaan sumber daya manusia bidang produksi dan pengrajian juga menjadi salah satu kelebihan Bandung sebagai salah satu pusat mode di Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, industri modest fashion juga kian berkembang. Tahun 2018 Kota Bandung akan dijadikan ikon Modest Fashion City di Indonesia. Karena itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung  mengadakan  Launching  Bandung Modest Fashion Vision 2018 yang merupakan kick off dari kegiatan ekonomi kreatif di bidang fashion yang berlokasi di Click Square, Selasa (19/12/2017).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengatakan tahun depan Disbudpar Kota Bandung akan mendukung pembinaan, pelestarian dan pemanfaatan potensi modest fashion yang ada.

“Kami akan dukung dari hulu ke hilir, namun yang masih jadi tantangan adalah supply chain. Kita butuh kerjasama dari berbagai pihak. Ibu-ibu sebagai target pasar, influencer dan masih banyak lagi. Ekosistem di Bandung harus bekerja sama,” ujar Kenny.

Senada dengan Kenny, Founder Islamic Fashion Institute (IFI) Irna Mutiara menilai aspek pendidikan di bidang modest fashion juga tak kalah penting guna menunjang kualitas busana.

Alhamdulillah Bandung sudah punya IFI, pelaku industri modest bisa belajar di sini dan mengembangkan strategi produksi, pemasaran dan inovasi,” pungkas Irna.

Acara launching ini menghadirkan tami undangan dari banyak kalangan, di antaranya para Akademisi, Pengusaha Fesyen,  Komunitas, Pemerintahan Kota Bandung dan Media.  Selain itu, dukungan  juga datang dari IFI yang merupakan satu-satunya sekolah busana Muslim di Indonesia dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) Bandung yang juga menggelar koleksi terbaru.

Kegiatan dibuka dengan Ceremonial  dan Pengukuhan Bandung sebagai  Modest Fashion City oleh  Kepala Disbudpar Kota Bandung. Kemudian talkshow oleh salah seorang influencer dan desainer, Ghaida Tsurayya mengenai “Peran Sosial Media dalam memperkenalkan Modest Fashion di Bandung".

Acara ditutup dengan trunkshow 8 Designer ternama  Kota Bandung di antaranya; Aninda Nazmi, Astri lestari, Runny Soema Di Praja, Deden Siswanto, Anggia Handmade, Rosie Rahmadi, Nuniek Mawardi dan  Irna Mutiara yang masing-masing membawakan koleksi terbarunya untuk tahun 2018. (nat/foto:nathasi)

 


Back to Top