Irna Mutiara: Bandung Punya Peluang Besar Jadi Modest Fashion City

gomuslim.co.id- Perkembangan industri modest fashion di tanah air menjadikan Kota Bandung ikon atau role model sebagai pusat supply chain. Beragam aktifitas produksi juga menjadi kekuatan Bandung membuat ekosistem bisnis busana Muslim.

Desainer senior sekaligus Founder Islamic Fashion Institute (IFI), Irna Mutiara menilai Kota Bandung punya bayak peluang, mulai dari konten lokal hingga lembaga pendidikan khusus di bidang fashion Muslim.

“Lengkap sudah, tinggal tugas kita kita (pelaku) dan dinas terkait mengembangkannya untuk mencapai pasar global,” ujar Irna saat ditemui gomuslim di launching ‘Bandung Modest Fashion City’ yang berlokasi di Click Square, Selasa (19/12/2017).

Irna menyebut ekosistem modest fashion di Bandung sangat lengkap, mulai dari desainer, kreator, konten lokal yang mendukung seperti bahan baku, bordir, tenun. Hal ini menjadi mudah untuk menggaungkan sesuatu.

Sementara itu, program busana Muslim juga menjadi program Indonesia. Adanya wacana Indonesia menjadi kiblat busana Muslim pada tahun 2020 membuka peluang Bandung, Irna menilai Bandung kota yang lebih siap mengusung karena mata rantainya yang lengkap.

“Ketika ada desainer yang ingin menjahit, di Bandung juga ada, pengerajinnya juga ada. Kemudian marketplacenya juga ada baik online maupun offline. Ini juga mendorong industri pariwisata dalam dan luar negeri,” papar Irna yang juga meluncurkan koleksi terbarunya untuk 2018.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Bandung dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sangat mendukung Islamic Fashion menjadi ikonnya Bandung.

Irna berharap fasilitas seperti tempat pameran, dan ajang Bandung Fashion Week bisa mendukung desainer untuk mempresentasikan karyanya. “Nantinya Bandung akan mengusung konten lokal, UKM akan diberdayakan  yang impacnya bisa mengangkat peningkatan ekonomi masyarakat,” harap Irna. (nat/foto:nathasi)


Back to Top