Inilah Juara Lomba Menghafal Surat Al Mulk Askar Kauny

gomuslim.co.id- Festival Huffazh Askar Kauny berlangsung meriah. Ribuan peserta dari berbagai daerah turut hadir dalam Pelatihan dan Lomba Menghafal Alquran Surat Al Mulk Semudah Tersenyum yang digelar di Masjid At Tin, TMII, Jakarta Timur, Sabtu (23/12/2017).

Kegiatan ini diselenggarakan Yayasan Askar Kauny bekerjasama dengan Komunitas Hafidz On The Street (HOTS). Ustadz Bobby Herwibowo Lc., trainer sekaligus penemu metode Menghafal Alquran Semudah Tersenyum (MASTER) memandu langsung pelatihan ini dengan didampingi Ustadz Habiburrachim, Lc.

“Kegiatan ini diadakan untuk memancing minat masyarakat agar semakin mencintai Alquran. Tak hanya hafal ayatnya, peserta juga dapat mengetahui cara termudah untuk hafal artinya, benar pengucapannya, bisa menuliskan ayatnya hingga nantinya para peserta pelatihan ini juga dapat menyebarkan ilmu ini kepada keluarga dan masyarakat luas,” kata Ustadz Bobby.

Sejak pukul 08.00 WIB, para peserta sudah memadati Ruang Utama lantai 2 Masjid At Tin. Mereka yang terdiri dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa ini tampak antusias dan semangat belajar menghafal Alquran dengan metode MASTER hingga menjelang shalat dzuhur.

Acara kemudian dilanjutkan dengan lomba menghafal QS Al Mulk pada pukul 13.00-15.00 WIB. Para peserta pun semakin bersemangat mengikuti lomba. Namun, untuk menjadi juara dalam lomba ini tidaklah mudah. Peserta harus melewati 3 babak penyisihan sebelum masuk babak final.

Juara Lomba Hafalan Surat Al Mulk

Setelah persaingan sengit tersaji, akhirnya pemenang pun terpilih. Juara pertama berhasil diraih Juara 1 Fitra Aidil (16), santri Pesantren Askar Kauny Sukabumi. Ia mendapat hadiah tabungan sebesar Rp 10 juta. Juara dua diraih Najila Nabilah (13), santri pesantren Askar Kauny Cibinong. Ia mendapat hadiah tabungan sebesar Rp 6 juta.

Lalu juara tiga diraih Fakihta Hadina (18), siswa Rumah Tahfidz MAN 12 Jakarta. Ia mendapat hadiah tabungan sebesar Rp 5 juta. Pada babak final, panitia memutuskan untuk menambah satu pemenang yaitu juara empat. Raihan ini pun berhasil disabet Muhammad Zaidan Amin (17), santri Pesantren Islam Hidayatunnajah Bekasi. Ia mendapat hadiah tabungan sebesar Rp 1 juta.

Kepada gomuslim, Fitra Aidil mengaku bahagia dan bersyukur bisa menjadi juara pertama. Ia mengaku motivasi terbesarnya adalah kutipan dari ayat Alquran yaitu ‘perbanyaklah meningat Allah agar kamu beruntung’.

Saat ditanya tips menghafal, Aidil mengatakan kalau dirinya rutin melakukan murojaah (mengulang hafalan). “Saya biasanya menghafal mundur ayat-ayat Alquran, bil ghaib. Minimalnya 50 kali lebih dalam seminggu,” kata dia.

Hal senada juga dikatakan Fakihta Hadina. Ia mengaku selalu murojaah setiap hari. “Alhamdulillah senang banget. Ini berkat doa dari orangtua dan guru-guru saya. Buat temen-temen yang menghafal Alquran jangan menyerah. Terus belajar. Saya juga pernah merasakan ngafalin lambat atau lagi capek, tapi pelan-pelan aja. Baca istighfar sama banyakin baca Al Insyiroh biar dimudahkan, di surat itu kan ada kata ‘setiap kesulitan pasti ada kemudahan’,” ungkapnya. (njs) 


Back to Top