Jumlah Masjid di Denmark Terus Meningkat

gomuslim.co.id- Perkembangan Islam di benua Eropa cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan populasi muslim pun terjadi di sejumlah Negara. Baru-baru ini, sebuah survey menunjukan dalam satu dekade terakhir telah terjadi peningkatan jumlah Masjid yang cukup drastis di Denmark.   

Survey tersebut menyebutkan bahwa jumlah masjid di Denmark telah meningkat sebesar 48 persen. Sebuah penelitian dari media setempat menunjukkan, pada 2017 ada 170 masjid di Denmark. Angka ini naik dibandingkan pada 2006 yang baru terdapat 115 masjid.

Penelitian ini dilakukan oleh Prof. Lene Kuhle dan Malik Larsen dari Universitas Aarhus. Berdasarkan penelitian tersebut, setiap tahunnya lebih dari lima masjid baru dibangun. Kenaikan jumlah masjid tersebut merupakan akibat dari meningkatnya populasi Muslim di Denmark.

“Peningkatan populasi ini disebabkan oleh migrasi dan juga tingkat kelahiran yang cukup tinggi di keluarga Muslim Denmark,” kata Lene seperti dilansir dari publikasi World Bulletin, Selasa (26/12/2017).

Ia memperkirakan bahwa Muslim di Denmark terdiri dari 7 persen populasi penduduk Denmark sebesar 5,7 juta. Pada 2015 lalu, sebuah survei menyebutkan bahwa Muslim Denmark semakin relijius dalam kehidupan sehari. Meskipun, di tengah tekanan dan penghinaan lingkungan setempat.

Sebelumnya, pada tahun 2004/2005 pemerintah Denmark menyetujui satu peraturan yang menyangkut tentang program pembelajaran agama Islam dan Alquran di sekolah menengah pertama.

Keputusan tersebut mengikuti Negara-Negara skadinavia yang lebih dulu menerapkan peraturan tersebut. Misalnya Swedia, sudah memasukan pelajaran agama Islam secara bertahun-tahun. Begitu juga halnya dengan Finlandia dan Norwegia.

Ada nya peraturan tersebut membuka harapan bagi kaum Muslim di Denmark untuk semakin bebas melakukan ibadah dan mempelajari agamanya serta terhindar dari diskriminasi yang dilakukan oleh pemerintahnya. (njs/worldbulletin/dbs/foto:localdenmark)

 

 


Back to Top