Sodong Culture Symphony 2018 Akan Pamerkan Pesona Wisata Cilacap

gomuslim.co.id- Pada awal tahun ini, pesona wisata Kabupaten Cilacap akan kembali bergairah karena akan dipromosikan pada acara Sodong Culture Symphony yang akan diadakan pada 26 sampai 28 Januari 2018 mendatang. Acara yang diadakan oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Cilacap itu akan mengajak wisatawan untuk menikmati keindahan Pantai Sodong serta magisnya Gunung Selok.

Prastio Andi Prayogi, Program Director Sodong Culture Symphony mengatakan Cilacap bukan kota buntu. “Dijamin Sodong Culture Symphony  bakal tampil beda, dan semuanya akan dibalut dengan musik serta seni budaya,” katanya.

Festival budaya ini akan diisi dengan Pesona Tari Jalungmas yang merupakan tarian unik perpaduan budaya Jawa dan Sunda. Dibawakan secara kolosal, tarian tersebut dipastikan akan menghipnotis para wisatawan. Para penonton nantinya juga akan diajak menari bersama di acara tersebut. Tariannya untuk mengapresiasi karya Maestro Tari Jalungmas, Ibu Tiek Entarti.

Selain itu, Sodong Culture Symphony 2018 juga akan menampilkan Sodong Carnival yang unik, sebab diadakan di atas pasir Pantai Sodong. Pada karnaval ini para peserta diwajibkan untuk memadukan busana batik dengan bahan bekas sebagai hiasannya.

“Temanya ‘Beauty of Wijayakusuma’. Konsepnya karnaval batik atau karya bahan-bahan bekas dipadu-padankan dengan glamor ataupun bersayap. Sekitar 200 peserta dari daerah Banyumasan akan mengikuti karnaval ini,” ujar Pras.

Kuliner serta pernak-pernik khas Cilacap pun tak ketinggalan. Ada Pasar Cemaraan yang siap menemani. Kuliner khas seperti thempleng, lanthing, mendoan, dan lepet akan mengisi lapak di Pasar Cemaraan. “Sampai saat ini sudah ada 18 lapak yang ikut. Ada dua konsep lapak yang akan kita hadirkan adalah Panggon Garing untuk stan pernak-pernik serta Panggon Tales buat kuliner,” tambah Pras.

Kemeriahan tak akan berhenti sampai di situ. Sodong Bejazz Pesisir akan hadir pada Malam Minggu dengan pengisi acaranya Sruti Respati, Jess Kidding, dan Nufi Wardhana. Balutannya 1.000 obor dinyalakan di pinggir pantai.

“Konsep Jazz Pesisir kita angkat untuk mengenalkan betapa eksotiknya Pantai Sodong,” kata Pras.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun melayangkan pujian untuk Sodong Culture Symphony 2018. Event tersebut merupakan bukti betapa kayanya alam dan budaya Cilacap. Selain itu, akses yang mudah menjadikan pariwisata Cilacap layak untuk dikembangkan.

“Kalau soal destinasi serta budaya sudah tidak perlu diragukan lagi. Cilacap itu paket lengkap. Alamnya keren. Kekayaan budayanya luar biasa. Aksesnya juga lengkap. Akses laut, darat, udara ada semua. Amenitasnya juga lengkap, mulai dari homestay sampai hotel berbintang pun ada. Sekarang tinggal perkaya atraksinya sebagai pelengkap 3A, dan event ini adalah salah satu pembuktiannya. Salut buat anak-anak GenPI Cilacap,” kata Menpar Arief Yahya. (fau/kemenpar/dbs/foto: tripjalan2)