Lewat Blog, Hijaber Singapura Ini Menginspirasi Muslimah dengan Cerita Solo Traveling

gomuslim.co.id- Seorang hijaber sekaligus backpacker asal Singapura yang menulis blog The Tudung Traveler telah menginspirasi banyak Muslimah di dunia. Bagaimana tidak, perempuan bernama Atikah Amalina ini tak hanya berbagi soal tempat yang ia kunjungi, tapi bagaimana seorang perempuan berhijab melawan stereotipe dan melakukan solo traveling ke tempat-tempat yang mungkin saja rawan untuk Muslim.

Atikah yang juga berprofesi sebagai guru bahasa Inggris ini mengatakan bahwa hijab melindungi perempuan.

“Dan itu merupakan pengingat bahwa Allah itu dekat," ujar Atikah menjawab pertanyaan mengapa dirinya berani bepergian sendiri. 

Meski mengaku baik-baik saja saat melakukan hobinya itu, ia tetap pernah mengalami perlakukan yang tidak mengenakan. Contohnya saja saat di Sevilla, ia dihampiri oleh seorang pria yang secara langsung hendak melepas hijabnya.

Tapi, saat itu ia langsung menghindar dan memberikan senyum yang paling tulus yang ia punya.

“Kemudian saya menjauhi pria itu,” sambungnya.

Atikah punya prinsip, cara orang lain memperlakukan kita akan sama dengan cara kita memperlakukan orang lain. Dengan berperilaku baik, ia percaya dirinya akan baik-baik saja.

Menariknya, blog The Tudung Travelers memiliki proyek kemanusiaan, yaitu penggalangan dana untuk sekolah dan panti asuhan. Ada halaman khusus di blog ini untuk menjadi relawan, memberikan sumbangan, dan melihat perkembangan distribusi bantuan yang diberikan.

Salah satu tempat yang pernah dikunjungi para relawan adalah Panti Asuhan Nujumul Huda di Batam. Para relawan bersama Atikah menjadi orang Singapura pertama yang memberikan bantuan untuk panti asuhan ini.

Penggalangan dana yang ia lakukan berupa Charity Bake Sale. Atikah dan timnya menjual cupcakes di kampus-kampus. Acara ini pun dihadiri oleh banyak orang. Tampak banyak yang mendukung aksi positif sang Tudung Traveler itu.

“Saya ingin membuktikan bahwa dengan traveling, saya tidak hanya mengunjungi tempat baru tapi juga menjadi jembatan kebaikan untuk diri saya sendiri dan orang lain. Dan semoga aksi positif ini bisa ditiru oleh Muslimah lainnya,” tutur Atikah. (nat/blogthetudungtraveler/dbs/foto:blog)