Calon Jemaah Haji Palembang Sudah Bisa Urus Paspor di Kantor Imigrasi

gomuslim.co.id- Antrian calon jemaah haji untuk berangkat ke Tanah Suci terjadi di sejumlah daerah. Meski demikian, berbagai persiapan dilakukan terkait penyelenggaraan haji. Salah satunya adalah dokumen paspor haji.

Baru-baru ini, kantor Imigrasi Kelas I Palembang mulai membuka pelayanan pembuatan paspor bagi masyarakat yang akan berangkat haji. Pelayanan ini bagi mereka yang telah ditetapkan Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan sesuai daftar tunggu mendapat giliran melaksanakan ibadah haji pada 2018.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Budiono Setiawan mengatakan, pelayanan pembuatan paspor bagi calon haji ini sudah dimulai sejak Januari 2018. Ia menargetkan pada bulan Maret nanti tuntas.

“Pembuatan paspor itu untuk lima kabupaten dan kota sesuai dengan wilayah kerja. Saat ini terus berlangsung pelayanan pembuatan paspor haji untuk lima daerah di Sumsel. Masing-masingh yakni Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Sedangkan calon haji dari daerah Sumsel lainnya dilayani Kantor Imigrasi Kelas II Muaraenim,” paparnya, Kamis (01/02/2018).

Lebih lanjut, ia menuturkan paspor haji ini sama dengan paspor biasa yang digunakan masyarakat untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Untuk melakukan perjalanan haji beberapa tahun ini tidak lagi menggunakan paspor khusus. Bagi yang telah memiliki paspor dan pada saat musim haji masa berlakunya belum habis, tidak perlu repot untuk membuat paspor baru karena sesuai ketentuan tetap bisa digunakan untuk berangkat haji.

"Melalui pelayanan tersebut kami optimistis pembuatan paspor untuk sekitar 5.000 calon haji tahun ini dapat diselesaikan sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan Kementerian Agama," tutupnya. (njs/dbs/foto:ilustrasipaspor)


Back to Top