World Hijab Day di Indonesia: Kenalkan Hijab kepada Non Muslim dan Berbagi Kisah Inspiratif

gomuslim.co.id- Tepat pada 1 Februari diperingati sebagai hari hijab internasional atau World Hijab Day (WHD) yang diperingati oleh Perempuan Muslim di seluruh dunia. di Indonesia sendiri, selebrasi WHD digelar untuk yang pertama kalinya di @america, Jakarta, pada Kamis (01/02/2018).

Salah satu influencer World Hijab Day asal Indonesia, Amaliah Begum mengatakan peringatan yang sama juga digelar di beberapa negara. Dalam website worldhijabday.com sebanyak 145 negara menjadi partisipan dan 19 negara lebih akan ikut mengadakan selebrasi WHD.

“Tahun ini kita memperingatinya dengan talkshow antar perempuan berhijab dan teleconfrance dengan Muslimah berhijab di  luar negeri yang menceritakan tentang kisah perjuangannya dalam berhijab,” tutur Amaliah.  

Salah satu hijaber yang melakukan video skype di New York, Sahar Quesada berbagi kisah inspiratif tentang pengalamannya mengenakan niqab.

Dikatakan Sahar, ia adalah mualaf asal Spanyol yang awalnya mendapat tekanan dari sang ibu yang tidak menerima perubahan drastis dirinya memeluk Islam dan berniqab.

“Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengedukasi Non Muslim tentang hijab, salah satunya bersikap ramah, dan santun dalam berbahasa. Inilah yang aku lakukan terhadap ibu, sampai akhirnya ia mengerti tentang keputusanku, dan aku katakan kepadanya bahwa hijab adalah kewajiban Muslimah dan akhirnya ia menerimaku,” kisah Sahar.

Tak hanya menampilkan kisah-kisah perjuangan hijabers di berbagai negara, acara WDH di Indonesia sendiri juga mengajak audiens Non Muslim memakai hijab. Dua perempuan relawan Non Muslim mencoba mengenakan hijab yang dibantu oleh trainer Muslimah.

“Saya merasa agak berbeda tapi nyaman,” ujar Rebecca salah satu relawan yang mencoba hijab untuk pertama kalinya.

“Lucu, wajah ku berbeda,” sambung Alissa relawan yang kedua.

Setelah mencoba mengenakan hijab, beberapa audiens yang tidak mengenakan hijab dan Non Muslim mendapat scarf gratis dan teredukasi agar memandang hijaber dengan positif.

Peringatan Hijab World Day (WHD) sendiri diinisiasi oleh Nazma Khan, hijaber asal New York pada 1 Februari 2013. Misinya adalah mengenalkan hijab kepada semua agama di dunia dan memberikan edukasi tentang sikap saling menghargai dan toleransi. Salah satu kegiatan yang rutin diadakan setiap selebrasi adalah mengundang perempuan yang belum berhijab dan Non Muslim mengenakan hijab, merasakan memakai hijab dalam satu hari.

“Masih banyak orang yang memandang hijab sebagai simbol Islamphobia. Dengan cara ini akan membuka pemahaman baru. Harapannya bisa melawan beberapa kontroversi mengapa perempuan Muslim memilih mengenakan hijab,” kata Nazma Khan seperti yang dilansir dari publikasi World Hijab Day.(nat/foto:nat)

 


Back to Top