Empat Sektor Pekerjaan Ini Terbuka bagi Perempuan Saudi

gomuslim.co.id- Pemerintah Arab Saudi kini semakin terbuka bagi kalangan perempuan terkait pekerjaan. Baru-baru ini, Kementerian Kehakiman setempat berencana untuk mempekerjakan 300 perempuan pada tahap pertama program ketenagakerjaan wanita.

Rencana tersebut menyusul keputusan Menteri Walid Al-Samaani untuk memberikan kesempatan bagi perempuan Saudi di empat sektor. Dengan adanya kebijakan tersebut, perempuan Saudi akan ditunjuk sebagai peneliti sosial, hukum dan syariah, di samping jabatan asisten administrasi.

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah di Saudi bahwa perempuan harus bersaing untuk mendapatkan pekerjaan dan harus menjadi pemegang gelar master dalam spesialisasi syariah, hukum, sosial atau administrative,” demikian seperti dilansir dari publikasi Saudi Gazette, Jumat (02/02/2018).

Sumber tersebut menyebutkan bahwa perempuan akan bekerja di lima kota utama, yaitu Riyadh, Jeddah, Makkah, Madinah dan Dammam. Samaani mengatakan bahwa kementerian tersebut bertekad untuk membuka pintu kerja bagi wanita Saudi yang berkualitas untuk melayani klien wanita di area peradilan dan dokumentasi.

Dia juga memuji prestasi wanita Saudi, dengan mengatakan bahwa mereka telah memberikan kontribusi yang khas dan positif di berbagai bidang.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Paspor mengaku terkejut setelah menerima 107 ribu lamaran pekerjaan dari kaum Wanita di Saudi dalam satu pekan. Mereka melamar untuk 140 posisi yang ada.

Direktorat tersebut telah menempatkan tawaran pekerjaan di situs mereka pekan lalu. Lowongan pekerjaan itu mencakup posisi di imigrasi di bandara, pelabuhan laut, dan penyeberangan darat Kerajaan. Pekerjaan tersebut menargetkan perempuan warga negara Saudi yang memiliki gelar sekolah menengah atau yang setara.

Menurut direktorat tersebut, mereka tidak mengharapkan tingkat respon yang tinggi yang mereka capai. Sejak mendirikan situs direktorat, lebih dari 600 ribu orang telah mengunjungi situs tersebut.

Surat kabar Al-Sabq mengatakan diketahui bahwa Direktorat Paspor telah menangani aplikasi massal sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang tercantum di situsnya. Setiap lamaran ditinjau dan diurutkan untuk memastikan mereka memenuhi persyaratan lamaran.

Beberapa syarat yang diminta oleh direktorat tersebut menetapkan, bahwa pemohon harus warga negara Arab Saudi yang lahir dan besar di negara tersebut. Mereka yang tumbuh di luar Kerajaan, sementara ayah mereka melayani negara dibebaskan dari kondisi ini. Pemohon juga harus berusia tidak kurang dari 25 tahun, tapi tidak melebihi usia 35. (njs/saudigazzate/dbs)


Back to Top