Komik Jepang Munculkan Karakter Hijaber Indonesia yang Ingin ‘Naik Haji’

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, para penggemar komik Jepang Indonesia dihebohkan dengan sosok perempuan berhijab dalam karakter komik Jepang Kiss.

Adanya pemberitaan mengenai karakter sosok hijaber dalam komik ini berawal dari sebuah akun bernama @iwan_palsu yang merupakan komik reviewer. Ia mengunggah foto isi komik bulanan bertema 'Hari Itu Dunia Berakhir'. Komik tersebut bercerita tentang meteor raksasa yang akan jatuh ke bumi, sehingga bumi akan hancur.

Menyadari kiamat sudah dekat, seorang siswi berhijab berkata ingin naik haji di akhir hidupnya. Jawaban ini terasa sangat 'Indonesia sekali' mengingkat naik haji menjadi impian kebanyakan orang Indonesia.

Siswi berhijab itu pun mengucapkan, "Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh".

Muslimah Indonesia tampil di komik Jepang! Meteor raksasa akan jatuh ke bumi. Sebenarnya apa yang harus kita lakukan sebelum datangnya hari berakhirnya dunia? Naik haji, itulah jawabannya seorang siswi berhijab yang tinggal di Indonesia. Apakah impiannya bisa terwujud...?! pic.twitter.com/DxbQOL4WsN

Taka (Oi Jepang) (@IwanPalsu) January 31, 2018.

Diketahui komik tersebut ditulis oleh dua komikus Jepang. Tsunami Umino membuat ceritanya dan Shinji Ohara membuat gambarnya. Melalui blog pribadi Tsunami Umino, Iwan menangkap ketertarikan Tsunami Umino untuk memunculkan sosok Muslim di komiknya. 

"Saya ingin menulis cerita rabukome (love comedy) tentang Muslim, karena rasanya kurang seru juga rabukome biasa dan katanya kalau di Indonesia komik shoujo (serial cantik) cukup populer," tulis Iwan menerjemahkan tulisan Umino dalam akun Twitter pribadinya.

Karena Jepang dan Indonesia memiliki pandangan soal berpacaran jauh berbeda, Tsunami Umino kemudian mempertimbangkan kembali ide itu.

"Supaya tidak menggambarkan hal yang kurang tepat dari segi ajaran Islam, saya berkali-kali menulis ulang naskah komiknya dengan bantuan para ahli," tutur Umino di blog-nya.

Tsunami Umino lebih dulu populer karena komik "The Full-Time Wife Escapist" atau "Nigehaji" dalam bahasa Jepang. Komik tersebut diangkat ke dalam serial dalam pada tahun 2016, dibintangi oleh aktor populer Gen Hoshino dan Yui Aragaki.

Kemudian, Iwan yang telah me-review berbagai komik Jepang secara pribadi merasa salut dengan ketertarikan penulis Jepang itu terhadap Islam. Tsunami Umino pun cukup berhati-hati memasukkan konten Islam di dalam komiknya.

"Walaupun jumlahnya masih sedikit, komikus Jepang mulai berani mengangkat tema mengenai Islam melewati berbagai halangan dalam berkarya. Salah satunya adalah Umino-sensei seperti yang diperkenalkan di atas. Salut buat Umino-sensei dan juga Ohara-sensei yang menggambar," tutur Iwan.

Tidak diduga, cuitan Iwan tentang komik ini mendapat sambutan yang ramai di kalangan netizen. Cuitan pertamanya pendapatkan 193 retweets dan thread mengenai komik tersebut sudah dilihat lebih dari 3 ribu viewer. (nat/dbs/foto:twittertaka)


Back to Top