Proyek Hampir Selesai, Kereta Api Riyadh Segera Beroperasi

gomuslim.co.id- Pemerintah Saudi sedang gencar membangun layanan transportasi di sejumlah kota. Salah satunya adalah proyek pembangunan kereta api Riyadh. Kabarnya, proyek yang dikerjakan di ibukota tersebut sudah hampir rampung.

Menurut Gubernur Riyadh, Pangeran Faisal bin Bandar, proyek ini sudah mencapai 68 persen. Ia mengatakan akan ada operasi eksperimental jalur rel kereta pada akhir tahun ini. "Proyek ini berjalan dengan kecepatan tetap dan sesuai dengan rencana dan program yang telah dijadwalkan," ujarnya seperti dilansir dari publikasi Arab News, Kamis (22/2/2018).

Sementara itu, anggota Komisi Tinggi untuk Pembangunan Kota Riyadh dan Kepala Pusat Proyek dan Perencanaan, Ibrahim bin Mohammed Al-Sultan, menuturkan, proyek tersebut dilaksanakan di 250 lokasi di semua bagian ibukota. Selain itu, ada tujuh pusat penanganan untuk memantau mereka "Pekerjaan di terowongan yang dalam hampir selesai dan pekerjaan di jembatan sudah 98 persen selesai," kata Al-Sultan.

Ia menambahkan ada 85 stasiun kereta api dan 86 persen dari jalur kereta api telah berhasil ditata. Tes eksperimental telah dilakukan pada 452 pelatih kereta api, di mana sebanyak 300 telah diproduksi oleh tiga produsen kereta terbesar di dunia.

Saat ini, persiapan tengah dilakukan untuk operasi dan pemeliharaan stasiun, serta fasilitas jaringan bus dan pembangunan Pusat Pengendalian dan Operasi untuk Angkutan Umum di Riyadh.

Sebelumnya, pemerintah Saudi telah melakukan perjalanan pertama menggunakan Kereta Api Haramain berkecepatan tinggi. Kereta yang berangkat dari Stasiun Madinah ke Stasiun Makkah ini nantinya akan dibuka untuk publik.

Menteri Transportasi, Nabil Al-Amoudi mengatakan proyek ini memiliki kepentingan strategis dan telah menarik perhatian dunia. Sebab, ini adalah proyek transportasi umum yang menghubungkan dua Masjid Suci di Makkah dan Madinah. (njs/arabnews/dbs)

 


Back to Top