Beauty Class Hijab Motion: Ini Warna Makeup yang Cocok untuk Kulit Perempuan Asia

gomuslim.co.id- Penggunaan kosmetika kini menjadi kebutuhan bagi kaum hawa. Dengan beragamnya aktivitas, perempuan dituntut agar tampil menyesuaikan kondisi, baik dalam acara formal maupun informal.

Marketing Manager Mazzaya, Eviyawati mengatakan pada dasarnya penggunaan makeup pada perempuan bertujuan agar tampil cantik, menutupi kekurangan pada wajah dan menonjolkan kelebihan. Karena itu dibutuhkan sentuhan aplikasi dari kosmetika. Hal ini disampaikannya dalam acara Beauty Class yang digelar oleh komunitas Hijab Motion di Cartenz Building, Depok, Minggu (25/02/2018).

“Teknik konturing atau merias wajah ini sebenarnya ada dua situasi, untuk daily makeup dan party makeup,” ujar Eviyawati yang membawakan tema makeup acara braidsmaid untuk perempuan berhijab.

Dia menekankan kepada perempuan berhijab agar tidak menggunakan makeup yang terlalu tebal atau menor.  

“Kalau untuk daily makeup nggak usah pakai bulu mata, cukup makeup simpel dan sesuai dengan situasi,” tukasnya.

Sedangkan yang membedakan untuk party makeup adalah ketebalannya. Eviyawati menyebut penggunaan foundation, bedak tabur dan bedak padat tujuannya untuk memberikan efek awet atau tahan lama.

“Warna busana yang kita pakai juga harus disesuaikan dengan warna makeup dan warna kulit,” tambah Eviyawati yang juga makeup artist (MUA).

Selain itu, kata dia, warna hangat dan warna dingin perlu disesuaikan dengan warna kulit. Perempuan Asia terbagi atas tiga warna wajah, antara lain sawo matang (base), natural/kuning langsat (yellow orange), dan terang (ivory).

“Kalau punya kulit wajah sawo matang pakai warna-warna base kita gelap pakai yang base tapi harus milih-milih juga. Jangan pakai warna yang semuanya gelap. Harus disiasati, misalnya foundation base berarti bedaknya pakai yang natural untuk menetralisir,” saran Eviyawati.  

“Dan yang punya kulitnya agak kuning atau kuning langsat pakai foundation yang warna yellow orange dan bedaknya yang ivory,” tambah dia.

Sedangkan untuk mix and match pakaian dengan warna makeup, ia menyarankan jika memakai busana yang warna biru, maka makeup harus ada sentuhan warna silver dan pink. Dan untuk busana warna coklat atau hijau pakai makeup warna gold, coklat, atau orange. (nat/foto:nat)