Peringati Milad ke-20, Dewan Muslim Inggris Gelar Jamuan Makan Malam 

gomuslim.co.id- Perkembangan komunitas muslim di Inggris cukup pesat dalam beberapa dekade terakhir. Hal ini terlihat dari geliat dakwah yang gencar dilakukan komunitas muslim di sana, salah satunya seperti Dewan Muslim Inggris (MCB), sebuah organisasi yang mewakili Muslim di seluruh Inggris.

Baru-baru ini, MCB mengadakan Jamuan Makan Malam Muslim tahunan pada Jumat (21/04/2018). Kegiatan ini dilakuan dalam rangka peringatan ulang tahun MCB yang ke-20. Selain itu, jamuan juga dilakukan untuk merayakan kemajuan yang dibuat komunitas Muslim di Inggris hingga saat ini.

Acara tersebut dihadiri oleh anggota parlemen seperti pemimpin Partai Buruh oposisi Jeremy Corbyn, Naz Shah, dan Stephen Timms serta perwakilan dari badan amal dan bisnis Islam.

Menurut Sekretaris MCB, Jenderal Harun Khan, kegiatan ini adalah pertemuan tahunan menyatukan para pemimpin masyarakat Muslim serta teman-teman lintas agama. “Mereka datang bersama untuk merayakan aspek-aspek yang berbeda di masyarakat,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Anadolu, Senin (23/04/2018).  

Ia menuturkan ulang tahun MCB ke 20 kali ini cukup tepat untuk dirayakan. Pihaknya akan berbicara tentang pencapaian Muslim Council of Britain selama dua dekade terakhir. Khan mengatakan tujuan acara makan malam tersebut benar-benar untuk memperingati keberagaman.

“Saya pikir ini penting bagi kami karena kami menghadapi begitu banyak tantangan yang berbeda sebagai komunitas di berbagai tingkatan dan sangat menyenangkan untuk berkumpul bersama serta merayakan tema besar yang disumbangkan komunitas kami ke negara ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal pertama dan pendiri Dewan Muslim Inggris Sir Iqbal Sacranie, mengapresiasi adanya pertemuan penting ini. Iqbal sendiri merupakan seseorang yang diangkat menjadi ksatria oleh Ratu Inggris pada tahun 2005.

“Betapa indahnya hari ini, ketika seseorang merefleksikan 20 tahun lalu pada waktu yang hanya dapat dilihat sebagai peristiwa penting, peristiwa penting dalam sejarah Muslim Inggris, ketika lebih dari 200 organisasi di seluruh negara itu bersedia bergandengan tangan dan berafiliasi dengan Dewan Muslim Inggris,” kata Iqbal.

Sementara itu, Pemimpin Partai Buruh oposisi Jeremy Corbyn turut berterima kasih kepada MCB untuk apa yang dilakukan dalam 20 tahun terakhir. MCB dinilai telah memberikan suara kepada seluruh komunitas. Perwakilan dari berbagai agama juga hadir dalam acara tersebut. (njs/anadolu/dbs)