Ini Tiga Pesantren yang Wakili Regional Jawa pada Festival Ekonomi Syariah 2018

gomuslim.co.id- Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) tahun 2018 kembali digelar. Ada tiga pesantren yang terpilih sebagai wakil Regional Jawa pada ajang ini. Ketiga pesantren tersebut adalah PP. Minhajussadat Banten, PP. Saung Balung Al Barakoh Majalengka, dan PP. Raudhatul Mubtadiin Jepara. 

Kasubdit Pendidikan Pesantren, Basnang Said mengatakan, tiga pesantren terpilih tersebut nantinya akan diminta mempresentasikan program ekonomi unggulan yang dikembangkannya. “Festival ini dibagi dalam tiga tingkat regional, yaitu: Jawa, Sumatera, dan Kawasan Timur Indonesia. Melalui FEsyar, BI akan memberikan penghargaan untuk pesantren yang mengembangkan kegiatan ekonomi unggulan,” ujarnya. 

Seleksi regional Jawa dilaksanakan oleh Kantor Perwakilan BI Provinsi se Pulau Jawa. Pada tahap seleksi awal, kata Basnang, mereka berhasil memilih tujuh pesantren yang dinilai memiliki potensi ekonomi unggulan.

Ketujuh pesantren itu adalah PP Minhajussadat Lebak Banten, PP Darunnajah Ulujami Jakarta, PP Daruttauhid Bandung, PP Saung Balung Al Barakoh Majalengka Jabar, PP Raudhatul Mubtadiin Jepara, dan PP Modern Darussalam Gontor dan PP Darullughah waddakwah Pasuruan.

“Dari tujuh pesantren tersebut, tim juri memilih tiga pesantren,” terang Basnang yang juga menjadi bagian dari tim juri. Selain Basnang, tim juri lainnya adalah Bambang (Perwakilan BI), dan Jasmine dari Fakultas Ekonomi UI.

Ketiga pesantren ini diundang ke Semarang untuk mempresentasikan keunggulan pengembangan ekonominya. Perwakilan dari mereka diinterview mendalam terkait kemandirian pesantren, infrastruktur dan fasilitas pendukung unit usaha pesantren, rencana pengembangan unit usaha, kerjasama dan jaringan unit usaha, serta langkah yang akan dilakukan dalam penguatan ekonomi pesantren. 

“Terbaik I akan mewakili regional Jawa dalam FEsyar tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Surabaya Oktober 2018. Kepada para juara, akan diberikan modal pembinaan dari Bank Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Basnang, FEsyar digelar oleh Bank Indonesia dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. (njs/kemenag/foto:antara)


Back to Top