Masjidil Haram Kerahkan 2.200 Petugas Kebersihan Setiap Hari

gomuslim.co.id- Guna memastikan kenyamanan suasana spiritual bagi para peziarah, pengunjung, dan jemaah yang beribadah  dan berdoa, Presidensi untuk Urusan Dua Masjid Suci telah menyediakan lebih dari 2.200 pekerja untuk membersihkan Masjidil Haram setiap hari dan sepanjang waktu. 

Seperti dilansir dari publikasi Saudigazette, Rabu, (30/05/2018), Direktur departemen pembersihan, Mohammed Al-Jabri mengatakan 1.450 orang pekerja membersihkan area Masjidil Haram setiap hari.  Sebanyak 419 pekerja kebersihan membersihkan area plaza dan 418 akan bekerja di dalam dan di luar Masjidil Haram.

“Presidensi telah menyiapkan sebanyak 1.500 tempat sampah dan 1.500 wadah air di dalam Masjidil Haram untuk digunakan oleh pembersih,” pungkas Al-Jabri.  

Selain itu, sebanyak 126 petugas kebersihan menjaga 1.983 toilet agar tetap mandi bersih. Petugas kebersihan juga harus membersihkan 21 area wudhu di dalam area Masjidil Haram dan 10 area wudhu yang ada di luarnya.

“Ada juga 230 pekerja pria dan wanita yang membersihkan toilet di luar Haram untuk pria dan wanita. Sebanyak 350 pembersih wanita juga ikut serta dalam pembersihan Masjidil Haram,” tandasnya.

Dikatakan Al-Jabri, ada pula sejumlah mesin untuk menyedot air dan membersihkan puing-puing dan meninggalkan kelebihan termasuk gelas plastik kosong. Sebnyak 67 kendaraan membersihkan Masjidil Haram dan plaza-plazanya di mana 45 orang bekerja di dalam area masjdil Haram dan 22 orang bekerja membersihkan area masjid.

"Kami juga memiliki 100 kendaraan untuk menyedot debu dari karpet dan 70 lainnya untuk mengeringkan air," katanya.

Setiap hari sekitar 30 ton sampah ditarik keluar dari Masjidil Haram. Sebagian besar sampah adalah biji kurma, air sekali pakai, cangkir jus, serta sisa makanan. (nat/saudigazette/dbs/foto:reportasenews)

 


Back to Top