Mudahkan UKM, PT ALAMI Rilis Platform Digital Pembiayaan Syariah 

gomuslim.co.id- Industri keuangan syariah semakin bergeliat dalam pemanfaatan teknologi digital. Sejumlah perseroan berlomba-lomba menghadirkan layanan terbaik untuk pengguna. Salah satunya seperti perusahaan teknologi finansial, PT ALAMI Teknologi Sharia yang baru-baru ini meluncurkan platform digital pembiayaan syariah.

Peluncuran platform tersebut dilakukan untuk memudahkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam mengakses pembiayaan ke berbagai lembaga keuangan syariah. Selain itu, perusahaan tersebut juga ingin mendorong akses seluas mungkin bagi para pelaku usaha terhadap sokongan pendanaan dari lembaga keuangan syariah.

Menurut CEO dan Founder ALAMI Dima Djani, kolaborasi antara perbankan syariah dan perusahaan tekfin akan memberikan dampak yang signifikan di beberapa aspek perekonomian. “Kami optimistis bisa menjadi katalis revolusi industri keuangan syariah di Indonesia melalui proses digitalisasi,” katanya.

Dima menambahkan, sektor perbankan syariah saat ini masih belum memiliki dukungan teknologi memadai sebagaimana perbankan konvensional. Sebab, perbankan konvensional lebih aktif meningkatkan kualitas teknologi yang memudahkan masyarakat mengakses berbagai layanannya.

"Untuk itu, kolaborasi bisa menjadi solusi yang lebih efisien dari segi biaya dan waktu, di mana lembaga keuangan syariah bisa memanfaatkan inovasi dari perusahaan tekfin," kata Dima.

ALAMI sendiri merupakan salah satu perusahaan tekfin berbasis syariah pertama di Indonesia dengan model bisnis agregator syariah. Perusahaan ini menjembatani akses dan informasi kebutuhan permodalan UKM ke berbagai lembaga keuangan atau institusi syariah.

Dengan hadirnya platform tersebut, diharapkan mampu memperbesar angka literasi dan akses ekonomi syariah untuk masyarakat Indonesia, khususnya generasi muslim milenial.

Seperti diketahui, saat ini, industri keuangan syariah sudah cukup beragam, mulai dari perbankan, asuransi, multifinance, dana pensiun dan manajemen investasi. Nilai aset keuangannya pun tidak kecil.  

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat aset keuangan bank syariah di Indonesia mencapai Rp897,1 triliun. Nilai aset ini belum termasuk saham dengan proporsi industri perbankan syariah sebesar Rp355,9 triliun. (njs/tirto/foto:elshinta)

 


Back to Top