Libatkan UMKM, MES Yogyakarta Siap Gelar Festival Halal 2018

gomuslim.co.id- Kepedulian terhadap produk-produk halal mulai ditunjukan sejumlah kalangan. Beragam kegiatan dilakukan untuk mengenalkan pentingnya produk halal bagi masyarakat. Salah satunya seperti Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Yogyakarta yang berencana menggelar festival halal di Jogja Expo Center (JEC) pada 11-14 Oktober 2018 mendatang.

Kegiatan ini nantinya akan melibatkan dan mengumpulkan UMKM dan pegiat halal dari Yogyakarta maupun dari daerah lainnya. Penyelenggara berharap acara akbar tersebut dapat menjadi ikon baru Provinsi Yogyakarta.

Menurut Ketua MES Yogyakarta, Mursida Rambe, kegiatan tersebut mengajak masyarakat luas khususnya Yogyakarta untuk lebih peduli terhadap gaya hidup halal. Bukan hanya makanan, melainkan juga busana, kosmetik, pariwisata, dan lainnya.

“Lewat festival halal ini, kami ingin menyampaikan pentingnya kehalalan sebuah produk. Kami ingin mengedukasi masyarakat luas untuk kepedulian terhadap gaya hidup halal. Dengan harapan bisa menyadarkan dan menggelorakan pentingnya halal baik dari segi sandang, pangan atau papan,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut dapat menatik 5.000-6.000 pengunjung setiap harinya. Kegiatan tersebut memiliki misi ekonomi syariah. Sebab di JEC belum pernah digelar acara serupa sebelumnya. "Bagaimana supaya Islam menjadi digemari terutama anak-anak muda. Agar umat Islam bersatu menguatkan barisan," katanya.

Menurut dia, selama ini, perusahaan besar menengah atas sangat mudah mendapatkan sertifikat halal. Sementara bagi UMKM bukan hal mudah untuk mendapatkan sertifikat halal. Terlebih, jumlah UMKM di Yogyakarta sangat besar. Hal tersebut dibutuhkan edukasi.

"Event ini kami komitmen pelaku usaha yang kecil dan besar untuk halalkan produknya. Sehingga orang tidak ragu datang ke Jogja, itu bisa dilakukan edukasi," imbuhnya.

Kegiatan tersebut menekankan agar masyarakat semakin peduli terhadap gaya hidup halal. Halal menjadi bagian dari kehidupan, bukan hanya ketaatan kepada Allah. Sehingga halal itu lebih menentramkan. Pesan tersebut dikemas secara menyenangkan melalui berbagai kegiatan di acara festival tersebut.

Beragam kegiatan yang dihelat antara lain perlombaan, pameran produk halal UMKM, diskusi, pelatihan, hiburan musik, dan sebagainya. Panitia menyediakan 300 stan yang akan diisi berbagai macam produk halal.

"Syaratnya semua produk wajib punya sertifikat halal. UMKM banyak yang belum punya setifikat. Kami kerjasama LPPOM MUI membantu mereka melalui jalur khusus untuk mendapatkan sertifikat halal," terangnya.

Mursida berharap kegiatan tersebut bisa berkesinambungan digelar setiap dua atau tiga tahun. Kegiatan tersebut juga menjadi komitmen MES tidak hanya mengakimodasi masyarakat kalangan atas tetapi juga masyarakat menengah terutama pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) baik dari sisi pengetahuan dan keuangan.

Di sisi lain, Mursida menyatakan kepedulian masyarakat Yogyakarta terhadap gaya hidup halal masih sangat kecil. MES berupaya untuk mengubah hal tersebut melalui kelas-kelas dan pelatihan mengenai produk halal. Para pelaku UMKM mengikuti kelas tersebut secara gratis. Hasil akhirnya, para pelaku UMKM berkeinginan untuk menjadikan produk mereka bersertifikat halal. (njs/rep/foto:iqra)

 


Back to Top