Hijaber Australia Ini Tebar Inspirasi Lewat Olahraga Sepak Bola

gomuslim.co.id- Kecintaannya pada dunia olahraga, khususnya sepak bola membuat hijaber asal Sydney Australia ini terus mengasah kemampuannya dan ikut berlaga di berbagai turnamen. Lewat identitasnya sebagai seorang muslim dan berhijab, gadis berusia 28 tahun ini ingin menginspirasi hijaber di luar sana untuk tetap percaya diri dan terus berprestasi.

"Semoga suatu hari kita bisa membuat norma bagi gadis-gadis Muslim untuk bermain olahraga dan mewakili Australia," kata Assmaah Helal, seperti dilansir dari publikasi The Australian, Kamis, (21/06/2018).

Assmaah adalah gadis asal Sydney yang menyukai sepak bola. Dia bekerja penuh waktu dengan United Football, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di University of NSW, mempromosikan sepak bola di sekolah-sekolah di Sydney barat dengan pengungsi, migran baru, dan anak-anak yang kurang beruntung secara sosial.

“Sangat menyenangkan melihat dukungan tidak hanya dari para gadis tetapi dari para direktur sekolah dan rekan-rekan pria mereka,” katanya.

Di waktu luangnya, Assmaah Helal menjalankan turnamen futsal melalui inisiatif GoActive, menargetkan gadis-gadis Muslim untuk memungkinkan mereka untuk mengambil bagian dalam olahraga dalam lingkungan kompetitif tetapi tak menyalahi aturan agama.

Hal yang hebat tentang turnamen ini adalah bahwa ada turnamen yang disebut “interschool” antara sekolah-sekolah Islam dan sekolah-sekolah negeri. Peluang ini tidak tersedia untuk Assmaah, yang bergabung dengan tim anak laki-laki, berusia lima tahun, karena tidak ada klub wanita di daerahnya.

Pengalaman mengenakan jilbab di lapangan sebagai seorang gadis muda telah mencuri sebagian dari kepercayaan dirinya. "Tapi ketika saya dewasa dan benar-benar memahami agama saya, saya menggunakan itu sebagai alat untuk menjadi bangga dengan siapa saya sebagai seorang muslim dan saya berhijab," pungkas Assmaah. (fau/theaustralian/dbs/foto: mvslim)


Back to Top