Inilah Hijaber Pertama yang Jadi Wasit Sepakbola di Inggris

gomuslim.co.id- Kini, meski mengenakan hijab, seorang Muslimah bisa menyalurkan passion terhadap profesinya. Salah satunya adalah profesi wasit sepakbola.

Dialah Jawahir Roble, ia menjadi satu-satunya wasit perempuan dan berhijab di Inggris. Perempuan berdarah Somalia itu tampil berani di tengah permainan para pemain Inggris yang berbadan besar.

Roble, yang akrab disapa JJ pindah dari Somalia ke Inggris saat masih kecil. Setelah lulus kuliah jurusan teknologi informatika, ia justru mendedikasikan dirinya untuk menjadi wasit profesional.

Menjalani profesi ini membuat Roble kian tertantang. Ketika pertama kali ia terjun ke lapangan, beberapa pemain bola tidak percaya bahwa ia wasitnya. 

"Ketika pertama kali saya turun ke pertandingan, saya bisa mendengar beberapa pria cekikikan 'apa dia wasitnya? tidak!'. Tapi kemudian mereka melihat perlengkapan busana saya, dan tahu bahwa sayalah wasitnya," kenang JJ seperti dilansir dari publikasi Metro UK, Kamis, (28/06/2018).

Tak hanya alasan tinggi badannya yang terhitung mungil di lapangan. Ia juga kerap mendapat hujatan dari netizen di media sosial. Banyak yang menyalahkan penampilannya karena berhijab.Meski demikian, ia tetap menjadi perempuan Muslim sederhana.

“Saya hanya harus menjadi orang yang baik, tampil sopan, melakukan apa yang saya sukai,” kata dia.

Banyak orang yang bingung karena mencampuradukkan kultur dengan agama. Namun ia mengaku bahwa sepak bola tidak ada dalam kulturnya.

“Tapi, saya di sini untuk mendobrak stereotipe. Para perempuan bisa bermain sepak bola, mereka bisa melakukan apapun yang mereka mau,” tandas JJ.

Perempuan berusia 24 tahun ini berharap apa yang ia lakukan bisa menginspirasi perempuan Muslim lain, khususnya di bidang sepakbola.

Dulu, JJ hanyalah gadis kecil yang suka main bola di Mogadishu, Somalia. Kini, JJ mantap menekuni dunia wasit ini sebagai seorang profesional. (nat/metrouk/dbs/foto:baroftimages)


Back to Top