Jakarta Modest Fashion Week Akan Libatkan Komunitas Difabel sebagai Desainer dan Model

gomuslim.co.id- Perhelatan Jakarta Modest Fashion Week 2018 siap digelar akhir Juli mendatang. Tak hanya ada 21 negara yang terlibat, tapi juga kontribusi kaum difabel yang cukup besar di panggung runaway.

Think Fashion sebagai penyelenggara acara Jakarta Modest Fashion Week, bekerja sama dengan ACT (Aksi Cepat Tanggap) Indonesia merangkul 20 tunanetra dan tuna rungu.

Mereka diajak untuk ikut merancang busana, dan karya mereka akan tampil di panggung runaway. Namun, tak hanya kaum difabel dari Indonesia, Think Fashion juga merangkul komunitas difabel di Jerman dan Turki.

Di tiga negara ini, komunitas penyandang disabilitas terpilih diberikan workshop khusus terkait fashion design. 

Pementasan koleksi spesial itu akan disempurnakan dengan model dari atlet penyandang disabilitas. Bekerja sama dengan Indonesian 2018 Asian Para Games, atlet difabel pemenang medali emas seperti Laura Aurelia dan Nanda Mei akan melenggang di catwalk.

Pertunjukan istimewa ini bertajuk Dream & Design for Disabilities supported by Indonesian 2018 Asia Para Games X JMFW. Founder Think Fashion, Franka Soeria mengatakan ini bukan projek gimmick.

“Tidak ada unsur lain, mereka butuh diberdayakan. Kita kan ngasih kailnya, bukan ikannya,” ujar Franka.

Melalui kesempatan ini, para penyandang disabilitas diberikan keleluasaan untuk membuat busana yang mereka sukai. Sensitifitas mereka terhadap sentuhan dan lingkungan sekitarnya mempengaruhi pemilihan bahan hingga desain.

"Mungkin desain bajunya polos aja. Ya kenyataannya itu yang mereka suka, nggak yang embel-embel gimana gitu. Kita juga ingin mendengar apa yang mereka suka kan. Dan ternyata kenyamanan dan kepraktisan itu yang mereka suka karena mungkin mereka lebih sensitif ya," tambahnya.

Adapun seluruh penjualan baju yang akan dihelat nanti sepenuhnya diberikan kepada komunitas difabel tersebut. Rencananya, karya mereka juga bisa ikut eksis di Indonesia 2018 Asia Para Games yang akan dihelat di Jakarta Oktober mendatang. (nat/jmfw/dbs/foto:liputan6)


Back to Top