Gandeng Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia, Kemenag Perkuat Layanan Pustaka Islam untuk Disabilitas

gomuslim.co.id- Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam bekerjasama dengan Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Pusat melaksanakan “Workshop Kepustakaan Islam Bagi Penyandang Disabilitas Netra” yang berlangsung selama tiga hari (19-21/07/2018).

Sesditjen Bimas Islam Tarmizi Tohor, menyambut positif atas terlaksananya program yang dikategorikan inovatif dan inklusif tersebut.

“Program workshop kepustakaan Islam yang melibatkan penyandang disabilitas netra ini adalah terobosan baru di lingkungan Ditjen Bimas Islam, dan ini sangat inovatif karena ada unsur penguatan nilai inklusif di situ, khususnya dalam arah layanan keagamaan ke depan”, jelas Tarmizi.

Sosok yang memiliki pengalaman di dunia kepenulisan itu menguatkan pendapatnya dengan menyampaikan beberapa rujukan regulasi berkenaan dengan pemenuhan hak disabilitas yang selama ini telah ada namun belum dipahami secara luas dan mendalam.

“Sebagaimana yang telah tercantum dalam pembukaan UUD Tahun 1945, serta diperkuat dengan UU No.8  tahun 2018 maka penyandang disabilitas adalah warga negara yang mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan semua akses layanan negara, termasuk di bidang keagamaan”, tegasnya.

Hadir pada kegiatan yang bertempat di Sotis Hotel Residence Jakarta tersebut, 50 orang peserta terdiri dari 34 pengurus ITMI tingkat pusat dan daerah, ormas Islam, media islam Online dan beberapa praktisi pustaka Islam. (bimasislam/dbs)

 

 


Back to Top