Masjid Hasyim Asyari di Jakbar Siap Gelar Kegiatan Sosial dan Komunitas

gomuslim.co.id- Masjid Hasim Asy'ari yang terletak di Jalan Daan Mogot KM. 14, RT.3/RW.14, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta selain menjadi tempat ibadah dapat dimanfaatkan pula untuk kegiatan sosial masyarakat.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Sekretariat Pengelola Masjid Raya, Suprapto agar warga dapat memanfaatkan karena masih ada beberapa ruang kosong yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan sosial dan bahkan kegiatan ekonomi.

“Bagi warga yang ingin menggunakan ruang kosong di Majdi Hasim Asy'ari agar mengajukan permohonan kegiatan terlebih dahulu,” terang Suprapto perihal prosedur pemakaian ruangan.

Karena itu, diharapkan dengan hal ini dapat menjadikan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari sebagai ikon Jakarta dan selanjutnya menjadikannya sebagai pusat kegiatan ibadah Agama Islam dan kegiatan sosial lainnya.

Saat ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari tersebut sebagai Masjid Raya Provinsi DKI Jakarta. Masjid ini selain berfungsi sebagai kegiatan agama juga untuk pelayanan sosial bagi masyarakat Provinsi DKI Jakarta. Pihaknya sendiri siap melayani apabila ada warga yang ingin memanfaatkan fasilitas yang ada di Masjid Raya Hasyim Asyari.

"Insya Allah kami bantu jika ada warga yang ingin pakai ruangan atau tempat di masjid ini. Kami terbuka lebar untuk kepentingan warga. Seperti visi Gubernur kami, Maju Kotanya, Bahagia Warganya," papar Suprapto.

Masjid Raya KH.Hasyim Asy'ari dibangun dengan sejumlah fasilitas yang dapat menyokong beragam aktivitas. Masjid ini memiliki lahan seluas 2,4 hektare dan luas bangunan masjid 1,7 hektare.

Masjid ini berada di kawasan lahan dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman (DPRKP). Terdapat rusunawa pesakih sebanyak 10 blok dan perkampungan warga RW 01 semanan.

Sejauh ini, masyarakat dan komunitas baik di tingkat wilayah sampai provinsi telah merespons baik dengan banyaknya komunitas masyarakat yang mengajukan permohonan kegiatan, di antaranya dari forum BKB, PAUD, forum PKG, forum Operator Dapodik, Himpaudi, komunitas kesehatan masyarakat, remaja nasjid dan lainnya.

"Semoga ke depan semakin banyak yang bisa memanfaatkan masjid kita ini sebagai salah satu pusat kegiatan keislaman, sosial, dan ekonomi warga Jakarta," harapnya. (nat/dbs/foto:kompas)

 


Back to Top