Ini Strategi NTB Gaet Wisatawan Timur Tengah dengan Halal Tourism

gomuslim.co.id- Kunjungan turis Timur Tengah cukup jauh dibandingkan turis Malaysia, Australia, dan Eropa yang selama ini mendominasi destinasi wisata di NTB. Pada 2017, jumlah wisatawan Timur Tengah yang datang ke NTB sekira lima persen dari total 3.508.903 wisatawan yang datang ke NTB. Angka tersebut terdiri atas 2.078.654 wisatawan nusantara (wisnus) dan 1.430.249 wisatawan mancanegara (wisman).

Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Nusa Tenggara Barat (NTB) Nurhaidin Edo mengatakan tahun lalu lima persen dari total kunjungan wisatawan. Tahun 2018 diprediksi naik hingga 12 persen.

“Sejumlah upaya dilakukan BPPD NTB untuk bisa menggaet pasar turis Timur Tengah. Rencana terdekat yang akan dilakukan pada tahun ini ialah melakukan promosi di sejumlah kota di Timur Tengah, seperti Riyadh, Arab Saudi; Dubai, Uni Emirat Arab; Qatar; dan Kairo, Mesir,” papar Edo saat rapat koordinasi BPPD NTB bertajuk Halal Tourism sebagai Strategi Mencapai Empat Juta Wisatawan di Hotel Astoria, Mataram, NTB, Senin (23/07/2018).

Promosi ini merupakan upaya bersama antara pemerintah provinsi NTB bersama Kementerian Pariwisata dan Kementerian Luar Negeri dalam mengenalkan destinasi wisata halal NTB ke Timur Tengah.

"Misalnya di sana ada pameran, kita coba buka stand dan pasang paket menarik. Rencana akhir tahun ini kita lakukan," kata dia.

Namun, tak hanya menyasar ke mancanegara, BPPD NTB juga mencoba menggaet pasar Timur Tengah dengan melakukan promosi pada sejumlah agenda internasional yang ada di NTB.

“BPPD NTB mendukung penuh penyelenggaraan konferensi ulama internasional di Lombok pada 26 hingga 29 Juli 2018,” kata dia.

Dalam konferensi ulama internasional itu pihaknya juga bisa menawarkan paket langsung. Karena, kecenderungannya turis Timur Tengah mencari paket wisata halal. (nat/dbs/foto:industribisnis)

 


Back to Top