Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Digelar Serentak pada 25 Juli 2018

gomuslim.co.id- Kompetisi Sains Madrasah kembali digelar. Perhelatan yang digagas Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama menjadi ajang bagi siswa untuk menunjukan yang terbaik. Rencananya, KSM tingkat Provinsi mulai digelar serentak pada 25 Juli 2018.

Menurut Direktur KSKK, Ahmad Umar, KSM tingkat Provinsi ini akan digelar di setiap-unit Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Seluruh Indonesia. “Ini merupakan tahapan menyelesaikan KSM di tingkat Provinsi. Tingkat ini digunakan untuk menjaring siswa terbaik per bidang studi. KSM yang akan membentuk Provinsi untuk KSM Nasional,” ujarnya di Jakarta, Selasa (24/07/2018).

Ia menambahkan, KSM tingkat provinsi tahun 2018 ini akan diikuti oleh 10.801 siswa, yang terdiri dari 1.991 siswa MI, 3.070 siswa MTs, dan 5.740 siswa MA. Adapun target yang ingin dicapai dalam KSM adalah terjaringnya bibit unggul dan berprestasi sebagai calon ajang ajang tingkat internasional. “Selain itu, menghasilkan siswa-siswi terbaik disetiap bidang dan menjadi SDM yang keilmuannya,” katanya.

Sementara itu, Kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK, Abdullah Faqih mengatakan bahwa peserta KSM tingakt Provinsi adalah para siswa-siswi MI, MTs, dan MA yang telah memenangkan tingkat di Kabupaten / Kota. “Siswa terbaik hasil KSM Provinsi akan secara otomatis akan memberikan hasil akhir dari KSM Nasional,” terang Faqih.

Untuk mata pelajaran yang dilombakan, lanjut Faqih, jenjang MI adalah Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi. Untuk jenjang MTs adalah Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi.

“Selanjutnnya, untuk jenjang MA adalah Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Geografi Terintegrasi,” tutupnya. (njs/kemenag/foto:panjimas) 


Back to Top