#KabarHaji

Siap Bantu Jemaah Haji, Bulan Sabit Merah Saudi Kerahkan 2.631 Petugas 

gomuslim.co.id- Persiapan menyambut musim haji 1439 H / 2018 M terus dilakukan berbagai  pihak. Dalam hal ini tidak terkecuali Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi yang bergerak di bidang kesehatan. Kabarnya, organisasi yang menyediakan layanan bantuan untuk jemaah haji di Masjid al Haram, Mekkah.

“Ribuan petugas Bulan Sabit Merah Saudi juga akan melayani di semua jalan menuju ke Kota Makkah dan tempat-tempat yang rawan. Mereka juga akan melayani tamu di Masjid Nabawi, Madinah, ”demikian seperti dilansir dari publikasi Arab News, Selasa (24/7/2018).

Tercatat ada sekitar 2.631 petugas termasuk dokter, spesialis, administrator dan teknisi dari Bulan Sabit Merah Saudi akan menetapkan di Makkah dan Madinah. Bulan Sabit Merah Saudi telah mengadakan lebih dari 69 posisi di tempat yang ada di Mina, Muzdalifah dan Gunung Arafat. Makan di jalan-jalan menuju daerah-daerah tersebut.

Sebanyak 36 pos darurat akan tersebar di Mekkah. Juga tersedia sebanyak 15 ambulans dan 27 sepeda motor untuk membantu jemaah haji yang butuh bantuan. Sebanyak 21 pos darurat lainnya akan ditempatkan di Madinah dan daerah sekitar Masjid Nabbawi. Poskan ini akan didukung oleh 10 ambulans.

Seperti diketahui, ratusan ribu calon jemaah haji dari beberapa orang sudah berada di Tanah Suci. Statistik dari lembaga Pendirian Adilla Nasional, yaitu pada minggu pertama kedatangan calon jamaah haji (calhaj), Madinah menerima 162.159 tamu Allah SWT.

Pendirian Adilla Nasional adalah lembaga studi di Arab Saudi yang bertanggung jawab atas kegiatan jamaah haji. Lembaga tersebut menyebut data itu terakam hingga Ahad (22/7). Ratusan ribu kalhaj tersebut berasal dari berbagai negara, seperti 38.318 dari Turki, 34.965 dari Indonesia, 25.267 dari India, 21.585 dari Pakistan, dan 10.518 dari Afghanistan.

Diperkirakan sebanyak 24.450 calhaj tiba di Madinah pada hari ini. Masing-masing, 6.877 berasal dari Indonesia, 4.865 dari India, 3.550 dari Pakistan, dan 1.710 dari Nigeria. Saat ini, sekitar 45 persen unit hotel atau pemondokan telah ditempati calhaj.

Ketua Pendirian Adilla Nasional Hatem Bali mengatakan lembaganya siap melayani para tamu Allah SWT dari awal Juli hingga 26 September mendatang. Lebih dari 1,8 juta jamaah, diperkirakan pelaksanaan ibdah haji tahun ini. “Kami mencoba menyediakan layanan terbaik untuk mereka,” kata Bali.

Bali mengatakan lembaga yang dipimpinnya juga meningkatkan kesadaran jamaah ihwal masalah haji dan kesehatan. Hal itu merupakan arahan langsung dari Pangeran Faisal bin Salman atau Gubernur Madinah serta ketua Komite Haji Pusat. (njs/arabnews/foto:suaraislam)

 


Back to Top