Global Wakaf ACT Segera Luncurkan Kartu Wakaf Elektronik

gomuslim.co.id- Global Wakaf Corporation (GWC) ACT terus berupaya melakukan pemberdayaan dan pembangunan perekonomian umat dengan wakaf produktif. Salah satu inovasi dari GWC ini adalah hadirnya electronic waqf (e-waqf) disamping mengadakan edukasi tentang wakaf produktif melalui Waqf Business Forum (WBF).

Operation Director GWC, Decyantini Lompatan berharap dengan hadirnya e-waqf atau e-wakaf ini dapat memberikan kemudahan berwakaf bagi seluruh lapisan masyarakat. Ia menyebut wujud dari e-wakaf ini adalah Kartu Wakaf (Waqf Card) sebagai bagian dari perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

“Semua payment maupun transaksi secara umum sekarang dilakukan melalui uang elektronik seperti membayar transjakarta, tol, commuter line, dan lainnya yang berbasis digital money atau digital card. Jadi memang inilah yang melatarbelakangi lahirnya produk ini,” terang Decyantini.

Terbitnya Kartu Wakaf elektronik merupakan hasil kerja sama GWC dengan Bank BNI Syariah. Namun, ini masih bersifat pre-launching sehingga kartu yang ada hanya diedarkan dalam lingkup terbatas.

Decy memaparkan peluncuran resmi Kartu Wakaf bersama BNI Syariah akan diselenggarakan setelah penandatanganan kerja sama. Dengan demikian, kartu ini dapat dijual melalui kanal penjualan yang dimiliki BNI Syariah jaringan ACT maupun di toko-toko lainnya.

Kartu Wakaf elektronik yang digagas oleh GWC tersebut berupa kartu yang biasa digunakan masyarakat sebagai uang elektronik. Kartu Wakaf berafiliasi dengan produk uang elektronik BNI Syariah, yaitu TapCash.

Berwakaf melalui TapCash sangat mudah. Masyarakat cukup membeli TapCash perdana edisi wakaf seharga Rp 100.000 per kartunya. Harga tersebut mencakup wakaf sebesar Rp 73.000 dan Rp 27.000 untuk harga pembuatan kartu. Di kartu perdana ini terdapat akad wakaf yang menginformasikan bahwa pembelian kartu ada nilai wakafnya, sehingga masyarakat paham kalau itu adalah kartu wakaf.

Desain Unik Kartu Wakaf

Hadirkan Allah dalam setiap transaksi, begitulah semangat yang digaungkan GWC melalui produk Kartu Wakaf. Dengan desain yang unik, kartu ini akan mampu menarik minat masyarakat terutama karyawan, mitra GWC, dan masyarakat umum yang menjadi target dari segmen Kartu Wakaf.

“Kita memesan blank cardnya dari BNI Syariah, kita desain menggunakan ACT bank image, baru kita jual dengan template yang unik. Sehingga, yang membeli akan senang. Ini berbeda dengan kartu TapCash lainya,” terang Decyantini.

Saat ini, GWC sudah menerbitkan sebanyak 700 Kartu Wakaf dengan berbagai macam template seperti Let's Warm The World, Freedom Palestine, Let’s Help Syria, dan template menarik lainnya. Jumlah tersebut akan terus bertambah.

Pengembangan selanjutnya, Kartu Wakaf ini akan diberi barcode. Dengan memindai barcode tersebut, pengguna kartu akan diarahkan ke e-wallet mereka. Sehingga, pengguna dengan mudah melakukan wakaf ke GWC. “E-wallet ini juga akan bekerjasama dengan BNI Syariah,” jelas Decyantini.

Tidak hanya Kartu Wakaf, produk e-wakaf saat ini juga menyasar provider Telkomsel dan telah bekerjasama untuk wakaf melalui T-Cash, dan ke depannya untuk program berwakaf saat pembelian kartu perdana. E-wakaf rencananya juga dikembangkan melalui mobile banking, internet banking, dan mobile apps.

Kehadiran inovasi melalui e-wakaf diharapkan semakin mendorong masyarakat untuk berwakaf. Dengan mudahnya berwakaf, kita wujudkan peradaban dan perekonomian umat Islam yang mandiri menjadi kenyataan. Bersama, jadikan wakaf sebagai bagian dari hidup dan keseharian masyarakat Indonesia. (njs/act)


Back to Top