Sambut Olimpiade Tokyo 2020, Pemerintah Jepang Luncurkan Masjid Mobil

gomuslim.co.id- Dalam rangka mempersiapkan acara olahraga terbesar di dunia, Pemerintah Tokyo Jepang mengembangkan masjid bergerak untuk menyambut ribuan atlet dan penggemar Muslim selama Olimpiade Tokyo 2020 dan Paralimpiade di Jepang.

"Ruang sholat Muslim akan tersedia di desa para atlet tetapi tidak di stadion atau tempat kompetisi lainnya," kata panitia penyelenggara kepada NHK pada Rabu, (25/07/2018).

Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo akan berlangsung dari 24 Juli hingga 9 Agustus. Lebih dari 50 negara Muslim akan berpartisipasi dalam acara tersebut di samping ratusan atlet Muslim dari negara lain juga.

Kelompok perusahaan yang bekerja pada proyek ini meluncurkan model masjid pada hari Senin di kota Toyota, Prefektur Aichi. Masjid truk berharga USD 900.000, tetapi kelompok itu bertujuan untuk menurunkan harga.

Kelompok itu merenovasi truk dengan memperluas wadah di kedua sisi. Ruang sholat ber-AC bisa menampung 50 jamaah. Pengembang juga berencana memasang kompas yang mengarah ke kiblat di Mekkah.

“Saya berharap dapat menyediakan tempat di mana para atlet dan penonton dapat berdoa,” kata Kepala proyek, Yasuharu Inoue.

Perusahaan itu meminta saran dari mahasiswa Muslim asing di Yamaguchi University di Jepang yang menguji truk tersebut.

Presiden perusahaan, Tetsuro Akimoto, mengatakan pihaknya berharap kendaraan akan ditempatkan di tempat Olimpiade dan Paralimpik sebagai pertunjukan keramahan Jepang.

Untuk diketahui, csatatanejarah Islam paling awal dari Jepang dapat ditemukan dalam karya-karya kartografer Muslim Ibn Khordadbeh. Baru-baru ini, Pew Research Center memperkirakan pada 2010 bahwa ada 185.000 warga Muslim di Jepang. (fau/nhk/dbs/foto: aboutislam)


Back to Top