#KabarHaji

Pemerintah UEA Siap Berangkatkan Jemaah Haji Lewat Bandara Emirat

gomuslim.co.id- Komite Tertinggi Haji di Dubai telah mengkonfirmasi penyelesaian persiapan keberangkatan haji ke Tanah Suci melalui bandara Emirat. Saat ini bandara siap untuk menyediakan dan memfasilitasi layanan keberangkatan tanpa penundaan atau halangan.

Komite mencatat bahwa akan ada 13 penerbangan tambahan yang dijadwalkan berangkat ke Jeddah, dan delapan perjalanan lainnya ke Madinah serta penerbangan reguler. Komite juga menjelaskan bahwa penerbangan pertama akan berangkat ke Tanah Suci pada 6 Agustus mendatang.

Informasi ini didapat saat konferensi pers yang diadakan oleh Komite pada Kamis, (24/17) di Terminal 3 Bandara Internasional Dubai. Konferensi disampaikan di hadapan semua pemangku kepentingan.

Konsulat Jenderal Kerajaan Arab Saudi di Dubai mencatat bahwa jatah Jamaah Haji di UAE tahun ini adalah 6822 jamaah. Bandar bin Sultan Al Manahi, perwakilan konsulat mengatakan Kerjasama dari penyelenggara dan upaya yang diberikan di negara itu dapat membantu memfasilitasi para Jamaah Haji ke Kerajaan Saudi dengan mudah dan melaksanakan ibadah mereka dengan nyaman.

“Tapi, kami juga menekankan mengenai perlunya Jamaah Haji  untuk mematuhi prosedur dan peraturan yang ada agar perjalanan nyaman dan cepat, “ kata Sultan Al Manahi, seperti dilansir dari publikasi al-Masallah as-Siyahiyyah, Jumat, (27/07/2018).                         

Sementara itu, titik kelancaran lalu-lalang di bandara telah diatur sedemikian rupa agar perjalanan penerbangan begitu mudah.

Letnan Kolonel Khamis As-Shamsi, perwakilan dari Departemen Keamanan Bandara, mengatakan kepada al-Masallah as-Siyahiyyah, portal telah dialokasikan untuk para penumpang untuk memastikan kelancaran arus Jama’ah Haji dan kedatangan mereka di gerbang secara tepat waktu.

Sementara itu, seperti yang diberitakan dalam Laman al-Akbar al-Yaum, area parkir pesawat di Kompleks Haji dan Umrah di Bandara Internasional King Abdulaziz dapat menampung 26 pesawat sekaligus.  Kompleks Haji dan Umrah di bandara pendiri adalah fleksibel Semua ruang diubah menjadi satu arah.  Fasilitas ini juga dirancang untuk menerima semua Jamaah Haji yang tiba sesuai dengan jadwal penerbangan yang ada.

Vaksinasi

Tak hanya soal kelancaran di bandara, soal kesehatan pun menjadi prioritas pula dalam perjalanan haji di Dubai ini.

Badr al-Najjar, perwakilan dari Kementerian Kesehatan, dan Abdullah al-Shaibah, perwakilan dari Otoritas Kesehatan di Dubai, menekankan perlunya melakukan vaksinasi secara tepat waktu dan menghindari pancaran sinar matahari secara langsung.

Khalid Al Baloushi, Kepala Departemen Ambulans di Bandara dan Pelabuhan Dubai, mengungkapkan bahwa ada 13 titik di Bandara Dubai untuk penggunaan ambulans guna melayani kesehatan Jama’ah Haji.

Penulis:

Abdul Aziz

Alumni S2 Linguistik UGM,

Peneliti di El-Bukhari Institute, dan Dosen Bahasa dan Sastra Inggris UNPAM


Back to Top