Liga Muslim Dunia Luncurkan Pusat Layanan Terpadu untuk Pengungsi Rohingya

gomuslim.co.id-  Sekretaris Jenderal Liga Dunia Muslim, Muslim World League (MWL), Syekh Dr. Muhammad bin Abdulkarim Al-Issa meresmikan 'Pusat Layanan Terpadu' bagi pengungsi Rohingya. Acara peresmian ini berlangsung pada Minggu, (29/07/2018) di Bangladesh.

"Semua ini bertujuan untuk mencapai pergeseran kualitatif dalam pekerjaan bantuan bagi pengungsi Rohingya yang hidup dalam kondisi sulit di kamp-kamp yang tidak layak yang tidak memiliki kebutuhan hidup paling mendasar," kata Al-Issa, seperti dilansir dari publikasi Al Riyadh, Senin, (30/07/2018).

Dia menambahkan bahwa Asosiasi Internasional untuk Bantuan, Perawatan, dan Pembangunan MWL tertarik untuk membangun komunitas kecil bagi pengungsi Rohingya yang dilengkapi dengan layanan penuh. Komunitas ini akan mencakup fasilitas sosial yang menyediakan pendidikan dasar, pelatihan kejuruan, dan perawatan kesehatan primer, yang akan memberi mereka lingkungan yang mirip dengan kehidupan normal mereka.

Rencananya, ke depan, komunitas ini akan membantu mereka hidup berdampingan dengan realitas baru mereka, terutama anak-anak, perempuan, dan siswa laki-laki.

“MWL membuat panggilan ke seluruh organisasi dunia dan orang-orang yang menyoroti kebrutalan dan genosida Muslim Rohingya yang menderita di Burma. Kejadian ini mengganggu sejarah dalam catatan kemanusiaan PBB akan menjadi saksi terhadap besarnya kelemahan dunia karena menghentikan kejahatan dan pembantaian ini yang merupakan salah satu kejahatan teroris dan berdarah terburuk, ” jelas Al-Issa.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan diam dalam menghadapi kejahatan brutal seperti itu adalah keheningan dalam menghadapi kebenaran dan ini memberikan dalih kuat dari konsep negatif pada kelemahan sistem peradilan internasional dan kehendaknya untuk memerangi dan memberantas terorisme.

Selain itu, pejabat senior juga menegaskan bahwa MWL sangat tertarik untuk memberdayakan pengungsi Rohingya secara ekonomi untuk bergantung pada diri mereka sendiri dan menjadi mandiri, sehingga mencapai pembangunan berkelanjutan yang mewakili kapak kunci dari pekerjaan kemanusiaan MWL. Dia lebih menekankan pentingnya proyek dalam meningkatkan kesadaran kesehatan Muslim Rohingya melalui fokus dan perhatian pada kebutuhan pribadi, psikologis dan kesehatan wanita.

Dr. Al-Issa mengingat kembali hadits kenabian yang mengatakan: “Apakah ada pahala bagi kita dalam melayani setiap manusia?” Dia menjawab: “Ya, ada hadiah karena melayani setiap makhluk hidup yang hidup.” (fau/alriyadh/dbs/foto: aboutislam)


Back to Top