#KabarHaji

Ini Portal Layanan Penitipan Anak untuk Jemaah Haji Lokal

gomuslim.co.id- Pemerintah Arab Saudi terus menghadirkan inovasi baru terkait layanan bagi jemaah haji. Salah satunya seperti sistem e-portal untuk jemaah setempat yang ingin menitipkan anaknya selama mereka berhaji.

Layanan ini digagas Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Dewan Koordinasi Perusahaan Haji Domestik. Jemaah haji setempat dapat menggunakan portal tersebut untuk mendaftarkan anak-anak mereka di taman kanak-kanak dan penitipan sementara yang didirikan di Makkah.

Mohammed Saad Al-Qurashi yang bertanggung jawab atas program tersebut di dewan koordinasi mengatakan inisiatif ini telah memasuki tahun kedua. Menurutnya, pelaksanaan tahun lalu sangat sukses sehingga digelar kembali tahun ini.

“Anak-anak akan mulai diterima di Kudai, Makkah pada 7 Dzulhijah atau 18 Agustus. Mereka akan dikembalikan ke keluarganya pada 13 Dzulhijah atau 24 Agustus,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi saudigazzate, Senin (30/07/2018).

Ia menambahkan biaya untuk perawat dan taman kanak-kanak adalah 2.500 riyal. Pembayaran dilakukan secara elektronik melalui sistem pembayaran Sadad.

Di sisi lain, Tuwafa untuk jemaah dari Turki, Eropa, Amerika dan Australia telah menyerap 130 karyawan. Mereka memberikan layanan lapangan kepada jemaah, termasuk perawatan kesehatan dan bimbingan.

Anggota dewan, Abdulaziz Al-Sirouji mengatakan ada ambulans yang dilengkapi paramedis terlatih. Mereka akan mengangkut jemaah darurat ke rumah sakit dan menindaklanjuti mereka di sana.

Tuwafa juga bertugas membawa jemaah yang hilang ke akomodasi masing-masing. Hal ini berlaku baik saat di Makkah, Madinah maupun tenda mereka di tempat-tempat suci.

The Tawafa Establishment untuk jemaah dari negara-negara Arab mengatakan telah menyebarkan 102 pemandu untuk menerima jemaah di Masjid al-Haram. Mereka telah mendirikan 139 kantor lapangan untuk melayani jemaah. (njs/saudigazzate/ihram/foto: relativityonline)


Back to Top