#KabarHaji

Begini Persiapan Saudi Arabian Airlines untuk Angkut Lebih dari 1,1 Juta Jemaah Haji Dunia

gomuslim.co.id- Saudi Arabian Airlines akan terus  melaksanakan rencana operasional Haji, yang meliputi usaha untuk mengangkut lebih dari 1,1 juta jamaah haji dari seluruh dunia baik pulang maupun pergi.  Operasional haji  ini sudah dimulai pada Sabtu (14/18) kemarin dengan nomor (SV5902) yang berangkat dari kota Delhi India ke Bandara Internasional Pangeran Mohammed Bin Abdul Aziz di Madinah. Prosedur kedatangan para tamu Haji  dan berbagai jenis perjalanan lainnya dilakukan dengan mudah dan nyaman.

Sebelumnya, Saudi Arabian Airlines  tiba di Al-Madinah Al-Munawwarah setiap harinya dengan mengangkut banyak jamaah haji dari seluruh dunia pada penerbangan tahap pertama.

Penerbangan  tahap kedua sudah dimulai dari Senin, 17 Juli, dengan kedatangan yang pertama di Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah dengan nomor (SV5111) yang berasal dari Surabaya, Indonesia. Rencana operasional Arab Saudi untuk Haji tahun ini, salah satunya ialah transportasi lebih dari satu juta seratus ribu jama’ah Haji untuk pulang dan pergi melalui penerbangan terjadwal dan teratur.

Penerbangan ini dilakukan dengan mengerahkan armada modern Saudi yang berjumlah lebih dari 150 pesawat. Selain itu, armada penerbangan Haji dan Umrah yang terdiri dari 23 pesawat akan melakukan sebanyak 1457 kali penerbangan khusus bagi Jama’ah Haji baik untuk pulang maupun pergi.

Publikasi Sal-Muwathin, Senin, (30/07/2018) menyebutkan rencana Operasional Haji dilaksanakan oleh tim yang berdedikasi  tinggi. Tim ini terdiri dari semua sektor operasional korporasi dan perusahaan yang mengurusi Haji.  Layanan Haji ini disediakan sepanjang waktu untuk memberikan layanan terbaik bagi para Jama’ah Haji baik di pesawat maupun di semua lokasi layanan.



Selain itu, Arab Saudi juga bekerja sama dengan berbagai pihak yang berkecimpung langsung dengan perjalanan Haji di bandara kedatangan.  Saudi juga bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah yang berada di dua bandara besar: King Abdul Aziz dan Pangeran Mohammed bin Abdul Aziz serta bekerjasama dengan pihak-pihak lainnya yang ada di Mekkah dan Madinah untuk memfasilitasi prosedur kedatangan para jama’ah serta memberikan pelayanan terbaik bagi mereka.

Direktur Jenderal Arab Saudi Airlines, Insinyur Saleh bin Nasser Al-Jasser, memimpin rapat kepala sektor operasional penerbangan serta meninjau laporan kinerja mereka. Hal demikian dilakukan demi kelancaran perjalanan  para jama’ah Haji ke Madinah.

Selain itu, Saleh bin Nasser al-Jaser juga memantau langsung kesiapan gerakan operasional Haji  di Haji dan Umrah Hall pada Jumat, (27/18). al-Jasser memantau kesiapan Saudi Airlines dalam melakukan operasi penerbangan dengan segala sesuatunya melalui Hall ini.

Selain itu, al-Jasser juga bertemu dengan tim kerja yang bertanggung jawab di berbagai sector layanan Haji  serta mengucapkan terima kasih atas upaya dan dedikasi mereka dalam pelayanan jamaah haji.  Al-Jasser juga mengunjungi instansi pemerintah yang bekerja di kantor layanan dan mengucapkan terima kasih atas upaya tulus dan dedikasi  mereka dalam pelayanan jamaah haji.

Ia memuji kerjasama penuh antara Saudi Arabian Airlines dan pihak berwenang untuk melayani rumah suci Allah dan untuk memfasilitasi para Jama’ah Haji dengan layanan kemudahan dan kenyamanan dalam menjalankan ritual haji. Operasionalisasi ini berkat bimbingan Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkotanya Mohammed bin Salman. (azs/dbs)

 

Penulis:

Abdul Aziz

Alumni S2 Linguistik UGM,

Peneliti di El-Bukhari Institute, dan Dosen Bahasa dan Sastra Inggris UNPAM

 


Back to Top