#KabarHaji

Mudahkan Jemaah Haji, Saudi Luncurkan Aplikasi Manasikana Versi Terbaru

gomuslim.co.id- Aplikasi dengan versi terbaru diluncurkan oleh Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi bernama Manasikana. Aplikasi ini menawarkan peningkatan layanan pada perangkat pintar untuk membantu para jemaah haji dan pengunjung selama perjalanan haji dan berziarah ke tempat-tempat suci.

Seperti yang dilansir dari publikasi Global Islamic Economy Gateway, Selasa, (31/07/2018), aplikasi ini memiliki dukungan untuk delapan bahasa. Di antaranya bahasa Arab, Inggris, Prancis, Urdu, Turki, Melayu dan Bengali. Fitur-fitur yang disediakan termasuk peta Makkah, Madinah, Jeddah dan tempat-tempat suci, yang menyoroti berbagai tempat khusus untuk jemaah haji.

Kemudian, setelah mengunduh aplikasi, peta offline dapat digunakan dengan mudah untuk mengakses informasi tentang area serta batas-batas haram dan tempat-tempat suci, tanpa perlu koneksi internet.

Saat peluncuran aplikasi yang telah diperbarui, Menteri Haji dan Umroh Dr Mohammed Saleh bin Taher Benten menyebut versi baru ini akan membantu jemaah haji melakukan ritual dengan lebih. Aplikasis ini memberikan informasi seperti waktu berkumpul, dan waktu keberangkatan untuk bus-bus.

Aplikasi ini juga akan memberi tahukan waktu sholat, dan nasihat tentang cara mengatasi banyak rintangan yang dapat dijumpai selama pelaksanaan haji. Selain itu, pengguna dapat menggunakannya untuk berkomunikasi langsung dengan kementerian.

Pihaknya juga memuji kontribusi aplikasi dalam menyoroti upaya besar yang dilakukan oleh pemerintahan Raja Salman dan putra mahkota untuk melayani para jemaah haji. Wakil Menteri Haji dan Umroh Dr Abdul Fattah Bin Sulaiman Mushat mengatakan bahwa versi terbaru Manasikana adalah lompatan maju dalam layanan teknis yang disediakan oleh kementerian kepada para peziarah.

“Tujuannya adalah untuk merangkul teknologi modern untuk melayani pengunjung dari semua negara, dalam berbagai bahasa. Ini sesuai dengan arahan pemerintah dan Visi Kerajaan 2030 dan Program Transformasi Nasional 2020,” tandasnya. (nat/dbs/foto:maeeshat)

 


Back to Top