Universitas Bayero Nigeria Luluskan 200 Hafidz Alquran

gomuslim.co.id- 200 Hafidz Qur’an telah lulus dalam sebuah upacara di Pusat Studi Qur’an di Bayero University Kano (BUK) di Nigeria pada akhir pekan ini. Mereka melakukan prosesi wisuda setelah menyelesaikan hafalan seluruh Alquran.

“Dengan sertifikat yang diberikan kepada mereka, mereka dapat mengajarkan Alquran bahkan di Arab Saudi dan negara-negara atau negara-negara Arab lainnya,” kata Dr. Muhammad Babangida, Direktur Pusat BUK, seperti dilansir dari publikasi Nollywood Times, Selasa, (31/07/2018).

Selain itu,  Babangida menambahkan bahwa para lulusan juga telah menerima pelatihan tentang cara mengoperasikan komputer serta pada Aritmatika dasar dan bahasa Inggris.

Memuji para lulusan, Prof. Muhammad Bello, VC universitas, mendesak pemerintah negara bagian di negara itu untuk mempekerjakan lulusan di sekolah umum untuk meningkatkan jumlah Hafidz Al Qur'an di negara masing-masing. Dia juga meminta dewan lokal di negara bagian Kano untuk mensponsori siswa untuk melanjutkan studi mereka untuk mempromosikan hafalan Alquran di negara bagian.

Alquran adalah wahyu dari Tuhan, pencipta dunia, jadi Dia adalah penulis asli. Hanya ada satu Alquran yang berbahasa Arab dan banyak terjemahan Alquran dalam beberapa bahasa. Mungkin ada beberapa terjemahan oleh penulis yang berbeda dalam bahasa yang sama seperti bahasa Inggris.

Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad (saw) melalui malaikat Jibril yang digunakan untuk membuat Nabi menghafalnya, dan membantunya menambah ayat-ayat lengkap setiap tahun di bulan Ramadhan, bulan puasa, sedangkan menghafal Alquran adalah salah satu cara terpenting untuk menjaga pesan Allah. (fau/nt/dbs/foto: abna)

 


Back to Top