Ketua MUI: Kurban Punya Nilai Ibadah Sosial Tinggi

gomuslim.co.id- Ibadah kurban mempunyai nilai sosial yang sangat tinggi. Ibadah yang hanya dilakukan setahun sekali ini juga menjadi momen pas untuk berbagi. Untuk itu, sangat beruntung jika umat Islam banyak yang melaksanakan ibadah kurban.

Demikian disampaikan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Maruf Amin baru-baru ini. Ia mengajak umat Islam yang tergolong mampu agar bisa ikut berkurban karena ibadah kurban mempunyai manfaat sosial yang besar.

"Umat Islam supaya yang mampu jangan tidak berkurban. Sebab itu punya nilai ibadah tinggi sekali dan punya nilai sosial yang tinggi. Masih banyak orang-orang kita yang perlu," ujarnya di Jakarta, Rabu (1/08/2018).

Menurutnya, Hari Raya Idul Adha merupakan momen yang sangat tepat untuk tolong menolong, khususnya di kalangan umat Islam. “Mereka yang tidak bisa merasakan nikmatnya makan daging bisa turut berbahagia di Hari Raya Kurban. Jadi syariat ini juga mempunyai dampak yang bagus sekali dan juga dampak ekonomi," katanya.

Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ini menjelaskan, bukan hanya orang yang berkurban yang mendapat berkah dari ibadah ini. Tetapi juga kaum dhuafa dan para peternak yang menyediakan hewan sehingga berdampak pada perekonomian di masyarakat.

"Masyarakat yang punya peliharaan kambing atau sapi, dia akan memperoleh keuntungan dari suasana itu. Jadi semangat korban itu harus kita pupuk, harus kita hidupkan seperti dulu," sambungnya.

Hari Raya Idul Adha sendiri diperkirakan jatuh pada Rabu, 22 Agustus 2018 mendatang. Kementerian Agama rencananya akan menggelar isbat 1 Zulhijah 1439 H pada Sabtu, 11 Agustus 2018. (njs/dbs/foto:kabarandalas)


Back to Top