Generasi Milenial Jadi Target Asuransi Syariah

gomuslim.co.id- Generasi milenial kini menjadi target baru mitra kerja beberapa perusahaan asuransi. Hal ini yang dilakukan oleh Allianz Life Syariah, unit usaha PT Asuransi Allianz Life Indonesia.

Aliianz Syyariah yang menerapkan strategi dalam mengembangkan jaringan pemasarannya dengan fokus perekrutan terhadap generasi milenial yang berminat mengembangkan kemampuan kewirausahaan. Ke depannya generasi ini juga akan menjadi target pasar asuransi syariah. 

Sementara itu, beberapa langkah yang dilakukan adalah dengan mengadakan sosialisasi mengenai asuransi syariah secara rutin dan membuka akses seluas-luasnya bagi para milenial yang ingin memperdalam pemahaman mengenai asuransi syariah.

Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, Joos Louwerier mengatakan saat ini Allianz telah menyediakan perlindungan asuransi berbasis syariah kepada nasabah dalam 12 tahun terakhir.

“Ke depannya, Allianz Life Syariah akan merangkul generasi milenial sebagai mitra bisnis untuk memberikan peluang bagi mereka mengembangkan bisnis sendiri, membawa perubahan positif dan berbagi kebaikan dengan sesamanya," ungkap Louwerier, Selasa (31/07/2018).

Selain itu, menjadikan generasi milenial mitra bisnis adalah salah satu strategi yang dilakukan. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Accenture (Customer Segmentation Indonesia) dan Nielsen (Understanding Indonesian Millennials & Online Shopper) generasi milenial memiliki potensi yang besar untuk bisnis asuransi jiwa ke depannya.

Namun demikian, untuk dapat menarik minat mereka, maka dibutuhkan pendekatan yang tepat serta mengutamakan peningkatan pemahaman terlebih dulu sehingga tidak serta merta menawarkan produk asuransi. Salah satu hal yang menarik dari tudi Accenture mengatakan bahwa kebanyakan milenial tidak ingin dirinya menjadi beban finansial keluarga apabila mengalami dampak dari risiko dalam hidup. 

Perwakilan Syariah Allianz Life Indonesia, Srikandi Utami mengatakan hal inilah yang menjadi alasan mengapa kemudian asuransi syariah yang mengutamakan prinsip tolong menolong antar anggotanya menjadi sangat relevan bagi milenial.

Sejauh pengertian asuransi syariah masih banyak disalahartikan oleh masyarakat luas, dan peran mitra bisnis di sini sangat penting untuk mendukung edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat luas.

“Perlindungan berbasis syariah ini dapat dimiliki oleh siapapun tanpa memandang status sosial dan keyakinan yang dipeluknya," papar Srikandi. (nat/allianz/dbs/foto:ilustrasi)


Back to Top