#KabarHaji

Tuai Pujian, Begini Layanan Terbaik Kerajaan Saudi untuk Jemaah Haji Dunia

gomuslim.co.id- Dalam beberapa hari ini, para calon Jemaah Haji dari seluruh dunia datang berduyun-duyun ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji. Mereka, seperti yang dilansir Wakalat al-Anba as-Saudiyyah, Senin, (06/08/2018), memuji  dan bersyukur kepada Allah di awal kedatangannya di tanah suci ini. Para calon Jemaah Haji ini merasa takjub dan kagum atas fasilitas, sarana  dan infrastruktur lainnya yang disediakan Kerajaan Saudi untuk menunjang kenyamanan, ketenangan dan kelancaran ibadah mereka di tanah suci, termasuk perluasan Masjidil Haram dari waktu ke waktu.

Mahmud Mustafa, anggota Jama’ah Haji dari Turki, mencatat tingkat kemajuan pelayanan kesehatan  yang tersebar di pusat-pusat kesehatan Masjidil Haram. Selain pusat-pusat kesehatan, disediakan juga rumah sakit-rumah sakit canggih di sekitar Mekkah. Menurut Mustafa, semua layanan termasuk layanan kesehatan ini teorganisir dengan sangat baik, rapih dan lancar. Layanan terbaik ini dimulai dari kedatangan di Bandara Jeddah sampai ke hotel di Mekkah al-Mukarramah.

Mustafa juga merasa takjub dengan perkembangan pembangunan infrastruktur di sekitar Masjidil Haram. Menurutnya, meski jutaan orang berlalu lalang di Mesjidil Haram dan bolak balik di beberapa jalan yang menuju Mesjid paling suci ini, semuanya ini berjalan dengan rapih dan tertib. Dengan ketakjuban luar biasa tersebut, Mustafa mendoakan semoga yang membangun dan menjalankan mega-proyek tersebut diberi kemudahan dan kesehatan.

Selai itu, Dr. Mohammad Taher, salah satu Jama’ah Haji dari Universitas Islam Pakistan, memuji materi-materi pengajian yang disampaikan di dalam Masjidil Haram. Baginya, materi-materi pengajian tersebut berfungasi untuk mendidik para Jama'ah Haji dan memperluas pengetahuan agama mereka.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa layanan dan bimbingan yang diberikan oleh Direktur Urusan Mesjidil Haram sangat memuaskan.  Taher memuji peran besar Kerajaan Saudi dalam melayani Islam dan dalam memenuhi kebutuhan umatnya. Muslim dan ketajaman Pemerintah Penjaga Dua Mesjid Suci.  Meski demikian, Pemerintah Saudi tetap akan melanjutkan mega proyek Haramain untuk memfasilitasi para tamu Allah dan meningkatkan lagi pelayanan demi pelayanan.

Sementara itu, Mohammed Dodi, Jama’ah Haji asal Indonesia, menyatakan kegembiraan dan apresiasinya yang tinggi atas kinerja personel keamanan kerajaan Saudi yang  bertugas di Mesjidil Haram. Menurutnya, mereka ramah dan rendah hati ketika para Jama'ah Haji banyak bertanya kepada mereka. 

Dodi juga menekankan bahwa proyek-proyek besar yang dilaksanakan di Mekah merupakan bukti bahwa Pemerintah Arab Saudi benar-benar berkomitmen menjaga kenyamanan, keamanan dan kenyamanan dalam melaksanakan ibadah Haji.  Dodi mendoakan selalu agar Pemerintah Saudi diberkati dan diberi pahala sebesar-besarnya atas pelayanan terbaik bagi para tamu Allah.

Sementara itu, Ismail Ahmad, Jemaah Haji asal Thailand, seperti yang dilansir dalam Laman Sahifat al-Wathan, memuji  pencapaian-pencapaian pembangunan oleh Kerajaan Saudi dalam memperluas Masjidil Haram, proyek jalan, jembatan dan  terowongan yang mengundang decak kagum. Baginya, semua ini berjalan berkat perhatian besar Kerajaan dalam melayani para jemaah dari berbagai belahan dunia. (azs/dbs/foto: wakalat)

Penulis:

Abdul Aziz

Alumni S2 Linguistik UGM,

Peneliti di El-Bukhari Institute, dan Dosen Bahasa dan Sastra Inggris UNPAM


Back to Top