250 Takmir Masjid di Surabaya Ikuti Pelatihan Cara Sembelih Hewan Kurban Sesuai Syariat

gomuslim.co.id- Sejumlah 250 takmir masjid se-Surabaya mengikuti pelatihan penyembelihan hewan kurban. Pelatihan ini untuk memberi edukasi para takmir bagaimana ilmu menyembelih sesuai syariat Islam dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha.

Direktur Jasa dan Niaga PD Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Surabaya Bela Bima menyebut pihaknya ingin memberikan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana menyembelih sesuai syariat islam, agar daging pun juga halal.

“Selain itu ada beberapa pengetahuan lainnya, terkait kebersihan sapi maupun lingkungan,” tutur Bima di Surabaya, Minggu (05/08/2018). 

Pelatihan ini penting mengingat masih ada beberapa masyarakat yang kurang memahami proses penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariat. Untuk memaksimalkan hal ini, pelatihan pun dilakukan dua hari sejak kemarin.

Misalnya di hari pertama, peserta mendapat materi syariat memotong hewan, cara memilih sapi yang sehat hingga kiat merobohkan sapi yang disembelih. Pelatihan ini dilanjut materi memahami agar tidak stres, juga cara pengolahan daging sapi yang benar untuk memisahkan jeroan sapi yang berpenyakit. 

"Di hari pertama kemarin sifatnya hanya materi. Seperti caranya menyembelih hewan kurban, terus teknik merobohkan sapi, mengelola bagian daging, dan jeroan yang memiliki kelainan atau berpenyakit," imbuhnya. 

Di hari kedua, peserta diajak untuk praktik menyembelih hewan kurban. Tak hanya itu, panitia juga telah menyediakan hewan kurban. Dalam hal ini, Bima menambahkan beberapa peserta masih belum paham bagaimana teknik merobohkan sapi.

"Hal yang kecil saja, seperti merobohkan hewan kurban. Itu masih banyak yang salah dan kurang memerhatikan kesejahteraan hewan yang akan disembelih. Karena di dalam pedoman kan jelas, bahwa jangan sampai menyakiti. Lakukan dengan cara yang baik. Tadi, kami ajarkan teknik merobohkan sapi dengan seutas tali," papar Bima. 

Bima berharap daging yang disembelih telah memenuhi unsur ASUH yakni Aman, Sehat, Utuh, dan Halal. Dia juga ingin mengingatkan masyarakat pentingnya kebersihan lingkungan lokasi penyembelihan hewan kurban. Ini penting agar daging tidak tercemar bakteri. 

Tahun ini RPH menyediakan 100 ekor sapi dengan harga bervariasi. Mulai dari Rp 17 juta hingga Rp 40 juta. Di kesempatan yang sama, ada pula bazar alat penyembelihan hewan kurban seprti tali, pisau, hingga batu asah. (nat/detik/dbs/foto:jatimnow)


Back to Top