#KabarHaji

Jadi Pemandu Haji, Ini Tugas Pasukan Pramuka Kerajaan Saudi

gomuslim.co.id-  Lebih dari 4.500 anggota pramuka akan dikerahkan untuk memeriksa situs suci Mina dan Arafah pada hari Minggu, (12/08/2018). Hal demikian dilakukan untuk mengumpulkan informasi lapangan terkait pendirian penginapan dan tenda tawafa (pemandu haji) serta memperkenalkan diri terkait fungsi mereka dalam melayani  Jamaah selama musim Haji. Demikian seperti yang dilansir dalam Laman  Jam’iyyat al-Kasyafah al-Arabiyyah as-Sa’udiyyah (12-08-2018).

Kepala kamp pramuka Saleh Bin Rajaa Al-Harbi mengatakan bahwa pemantauan dan pemeriksaan akan dilakukan dalam tiga tahap. Pada tahap pertama, para anggota pramuka akan mensurvei petak-petak tanah yang dialokasikan untuk berbagai tenda-tenda pemandu haji (tawafa) dan memperbarui peta tempat-tempat suci tersebut sesuai dengan informasi di lapangan.

Pada tahap kedua, para anggota pramuka tersebut akan mendokumentasikan informasi yang telah dikumpulkan kemudian mengevaluasi data-data yang ada untuk membandingkannya dengan data pemerintah terkait tempat penginapan tawafa. Pada tahap ketiga, mereka akan menyelesaikan penyesuaian data di lapangan tersebut dalam bentuk buku panduan dan peta.

Sementara itu, seperti yang dilansir dalam laman Wakalat al-Anba as-Sa’udiyyah (12-08-2018), Sekretariat Jenderal Dewan Ulama Senior akan memulai pekerjaan mereka pada hari Minggu di Mekkah untuk musim Haji tahun ini.

Tugas mereka akan mencakup pertemuan Komite Tetap untuk Fatwa, menerima delegasi Haji, menjawab pertanyaan para Jamaah, menyebarkan selebaran panduan haji untuk membimbing para Jamaah dalam melakukan ritual mereka sesuai dengan Sunnah yang ditetapkan Nabi SAW.

Sementara itu, Wakil Emir dari Makkah Pangeran Abdullah Bin Bandar, yang juga Wakil Ketua Komite Haji Pusat, melakukan pemeriksaan lapangan untuk memeriksa layanan yang akan diberikan kepada para jamaah.Dia juga memeriksa proyek-proyek di tempat-tempat suci yang dibangun oleh Otoritas Pengembangan Daerah Mekkah. Deputi Emir diberitahu tentang rencana transportasi untuk musim haji ini.

General Syndicate for Cars memiliki rencana untuk mengangkut 1,8 juta Jamaah Haji  dalam 18.400 bus yang dilengkapi dengan semua fasilitas.

"Rencana operasi berfokus pada armada bus modern terintegrasi yang disediakan oleh 34 perusahaan transportasi," demikian kata para pejabat.

Pangeran Abdullah Bin Bandar juga mengunjungi situs suci Arafat dan memeriksa masjid Namira yang dapat menampung lebih dari 100.000 jamaah. Dia juga memeriksa kamp-kamp yang tersebar di area seluas 6 juta meter persegi.

Sejauh ini diperkirakan 1.221.463 Jamaah Haji akan berdatangan sampai hari Jumat nanti. Jumlah ini menunjukkan peningkatan 7% lebih banyak dibanding tahun lalu.  Sementara itu, Raja Salman telah mengeluarkan perintah untuk menampung 1.000 jamah haji, baik pria maupun wanita dari keluarga para martir angkatan bersenjata dan polisi Mesir.

Mereka akan diundang sebagai bagian dari Program Tamu Penjaga Dua Masjid Suci untuk Haji tahun ini yang diawasi oleh Kementerian Urusan Dakwah dan Bimbingan Islam.  Menteri Urusan Dakwah dan Bimbingan Islam sekaligus sebagai Pengawas Umum Program Sheikh Dr. Abdullatif Al-Asheikh berterima kasih kepada Raja karena menjadi tuan rumah para Jamaah haji ini.. Dia mengatakan tamu tahun ini berasal dari benua Asia, Afrika dan Eropa.

Bulan lalu, Raja Salman mengeluarkan perintah untuk mengundang 1.500 Jamaah Haji dari keluarga para martir Tentara Nasional Yaman dan pasukan Sudan yang berpartisipasi dalam Badai Penentu dan Operasi Pemulihan Harapan (Decisive Storm and Renewal of Hope Operations).

"Ribuan peziarah wanita dan pria telah memanfaatkan dengan baik program undangan seperti ini sejak awal munculnya pada 22 tahun lalu", kata menteri .

Untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan terbaik, Saudi juga menyediakan para pemandu haji [tawafa] dan pasukan pramuka dalam membantu jemaah haji. (azs/dbs)

 

Penulis:
 
Abdul Aziz
Alumni S2 Linguistik UGM,
Peneliti di El-Bukhari Institute, dan Dosen Bahasa dan Sastra Inggris UNPAM

Back to Top